Liga Indonesia

Wasiat Michael Essien Sebelum Tinggalkan Indonesia: Ayo Main di Luar Negeri!

Jumat, 14 Desember 2018 16:00 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mantan gelandang Real Madrid dan Chelsea, Michael Essien, ternyata memiliki pesan-pesan sebelum meninggalkan Indonesia. Ia mengimbau para pemain Tanah Air berani untuk bermain di luar negeri.

Hal tersebut disampaikan oleh Akmal Marhali, pengamat sepak bola Indonesia, melalui Instagram pribadinya. 

Menurut Essien, para pemain Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pemain hebat. Bahkan, potensi Indonesia lebih memukau dari bibit-bibit Afrika.

"Ketika Essien selesai kontrak dengan Persib Bandung dan hendak mudik, saya sempat bertemu di Jakarta dan bertukar pikiran serta pengalaman," tulis Akmal.

"Essien menyebut potensi pesepak bola Indonesia sangat besar. Dibekali bakat alam. Bahkan, potensinya melebihi pemain asal Benua Afrika," lanjutnya.

"Hanya saja ada kelemahan para pemain muda Indonesia. Tak punya nyali main di luar negeri," imbuh Akmal.

Seperti diketahui, memang sangat minim para pemain muda Indonesia yang berani mengambil langkah untuk berkarier di luar negeri, apalagi di Eropa.

Satu-satunya pemuda Indonesia yang berani mengambil keputusan bermain di Eropa barulah Egy Maulana Vikri yang bergabung klub Polandia, Lechia Gdansk.

Sementara nama-nama lainnya seperti Evan Dimas, Yanto Basna, dan Ryuji Utomo adalah pemain muda yang cukup berani meninggalkan Indonesia dengan berkarier di Asia Tenggara.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT