Liga Indonesia

CEO PSM Makassar Minta Klub Sadar Diri Jelang Tampil di AFC Cup 2019

Sabtu, 15 Desember 2018 07:24 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Isman Fadil
© Abdul Aziz/INDOSPORT
Bhayangkara FC VS PSM Makassar Copyright: © Abdul Aziz/INDOSPORT
Bhayangkara FC VS PSM Makassar

INDOSPORT.COM - PSM Makassar bakal melakoni ajang internasional di kasta kedua kompetisi benua Asia, AFC Cup 2019. PSM yang tergabung dalam grup zona Asean enggan jemawa memikirkan juara.

Hal itu diungkapkan oleh CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin. Ia menilai jika PSM Makassar sudah lama tidak terlibat dalam kompetisi internasional. 

Ya, terakhir kali Pasukan Ramang berlaga di ajang Internasional itu terjadi pada musim 2005/06. Saat itu, PSM berlaga di ajang yang lebih tinggi yakni Liga Champions Asia.

"Tentu semuanya menjadi target, tapi saya pikir untuk AFC Cup kita harus realistis. Tidak mudah langsung menargetkan juara. Soal pengalaman kita baru ikut lagi tahun depan, setelah sekian tahun lamanya," ujar Appi, Rabu (12/12/18) lalu.

Kendati demikian, Appi berharap agar timnya bisa lolos dari babak fase Grup H zona ASEAN. Di mana Wiljan Pluim dan kawan-kawan bakal bersaing untuk keluar sebagai juara grup dengan Kaya Iloilo (Filipina), Tampines Rovers/Home United (Singapura), dan Lao Toyota (Laos).

Untuk bisa lolos dari grup ini, PSM wajib finish sebagai juara grup. Jika tidak, PSM harus memastikan diri sebagai runner up terbaik dari beberapa grup pada fase ini.

"Tapi kami akan tetap memaksimalkan penampilan. Minimal kami bisa lolos dari fase grup," ujarnya.

Appi bukannya merasa ciut dengan tim-tim lawan. Hanya saja ia menyadari jika PSM sudah lama absen di ajang internasional.

Selain karena baru akan kembali merasakan atmosfer AFC Cup, perlu diingat bahwa musim ini PSM Makassar tidak akan  memakai Stadion Andi Mattalatta sebagai homebase. Melainkan Stadion Pakansari di Bogor.

Tentu saja dengan situasi seperti itu, PSM Makassar dipastikan tidak akan mendapat dukungan penuh dari puluhan ribu suporter setianya seperti saat berlaga di Liga 1 2018 yang baru saja berakhir.

"Bahwa ingin juara, ya tentu kita sepakat tapi kita harus realistis melihat kekuatan tim-tim terbaik Asia. Nanti kalau sudah lolos fase grup baru kita bisa bicara lain," jelasnya.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 Hanya di INDOSPORT.COM