Liga Indonesia

Messi-nya Indonesia Bongkar Tips Main di Luar Negeri

Minggu, 16 Desember 2018 14:39 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Tristan Alif, bakat muda sepak bola Indonesia. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Tristan Alif, bakat muda sepak bola Indonesia.

INDOSPORT.COM – Federasi sepak bola dalam negeri, PSSI mulai menjalankan langkah strategis guna menyiapkan sepak bola Indonesia yang mampu bersaing di kancah internasional. Salah satunya adalah dengan mengirimkan beberapa pemain potensial untuk berlatih di Eropa.

Sebelumnya beberapa lembaga telah memberangkatkan Supriadi dari Timnas Indonesia U-16 untuk berlatih di Liverpool, serta Egy Maulana Vikri dan Firza Andika dari Timnas Indonesia U-19 untuk berlatih sepak bola masing-masing di Polandia dan Belgia.

PSSI juga turut memberikan Beasiswa Garuda Select 2018-2019 dan memberangkatkan 25 pemain usia U-16 untuk berlatih sepak bola di Inggris selama enam bulan, terhitung pada Desember 2018 hingga Mei 2019 mendatang.

Namun kesempatan ini tentu hanya dimiliki oleh segelintir orang saja, sementara masih banyak potensi pemain muda lainnya yang menanti kesempatan serupa.

Hal ini menarik perhatian pesepakbola muda Tanah Air yang berpengalaman bermain untuk Leganes dan Ajax Amsterdam, yakni Tristan Alif Naufal.

Pemain yang dijuluki Messi-nya Indonesia tersebut memberikan tips agar pesepakbola muda Indonesia lainnya mampu berkiprah di luar negeri, khususnya di Tanah Eropa.

“Menurut saya sebaiknya pemain-pemain junior di Indonesia harus banyak mencari tahu bagaimana caranya agar kita dapat di-scouting oleh klub-klub di luar negeri,” ungkap Tristan kepada portal media olahraga INDOSPORT, Sabtu (15/12/18).

Sebagaimana diketahui jika beberapa klub ternama luar negeri memiliki staf yang bertugas untuk mencari dan memantau talenta sepak bola atau disebut sebagai talent scouting.

“Supaya kita bisa mendapatkan undangan langsung dari klub tersebut untuk belajar, berlatih dan bermain untuk tim akademi mereka,” ujar pemain yang pernah menjadi target talent scouting Liverpool tersebut.

“Itu akan lebih menjamin proses development kita sebagai pemain hingga kita menjadi pemain pro nantinya,” tutup Tristan Alif.

Sementara itu Tristan Alif sendiri masih menimba ilmu di Tanah Air sebelum melanjutkan karirnya di luar negeri. Ia juga digadang-gadang akan menjadi salah satu bintang yang memperkuat Timnas Indonesia U-15 pada Piala AFF U-15 di Thailand pada 2019 mendatang.

Ikuti Terus Informasi Seputar Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.