Bola Internasional

Langgar Kontrak Sponsor, Bintang Barcelona Terancam Denda Miliaran Rupiah

Rabu, 19 Desember 2018 10:41 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© Twitter Inter
Rafinha, pemain Barcelona Copyright: © Twitter Inter
Rafinha, pemain Barcelona

INDOSPORT.COM - Gelandang Barcelona, Rafinha, menghadapi situasi tak mengenakkan. Ketika dirinya terpaksa menyingkir dari lapangan selama sisa musim ini karena dibekap cedera, ia pun harus menghadapi tuntutan dari Adidas yang menjalin kerja sama dengannya.

Adidas menguggat pemain berusia 25 tahun ini setelah diketahui sang pemain memakai sepatu merk Mizuno pada Juli, lalu. Hal tersebut dianggap melanggar perpanjangan sepihak dengan Adidas yang baru berakhir Juli lalu,

Dalam kasusnya tersebut, bintang Brasil tersebut dipaksa pengadilan Belanda untuk menaati kontraknya dengan Adidas dan memakai pakaian olahraga dari perusahaan Jerman itu. Jika melanggar, Rafinha harus membayar denda hingga 1 juta euro atau Rp16 miliar.

Dalam kasusnya sebagaimana dilansir ESPN, bintang Brasil tersebut dipaksa pengadilan Belanda untuk menaati kontraknya dengan Adidas dan memakai pakaian olahraga dari perusahaan Jerman itu atau membayar denda hingga 1 juta euro atau Rp16 miliar.

© Getty Images/David Ramos
Rafinha mengancam pertahanan Inter Milan/. Copyright: Getty Images/David RamosRafinha mengancam pertahanan Inter Milan/.

Rafinha sendiri dibayar oleh Adidas untuk mengenakan sepatu dan pakaian mereka mereka sejak 2011. Namun, pengacaranya mengatakan Rafinha bisa membebaskan diri dari kontraknya karena sponsor tidak mendukungnya ketika mengalami cedera pada 2015 dan 2017.

Tim hukum Rafinha, yang dipimpin untuk ayahnya kemudian menuduh Adidas menyembunyikan klausul perpanjangan dalam kontrak. Adidas seharusnya menjelaskan kepada pemain bahwa kontrak bisa diperpanjang lima tahun lagi.

“Meskipun dia bukan ahli hukum, dia tahu bagaimana kerja kesepakatan sponsor,” kata hakim.

Alhasil, pengadilan distrik di Amsterdam, di mana perjanjian sponsor asli ditandatangani, meminta Rafinha untuk membayar denda 10 ribu euro atau Rp163 juta per hari apabila ia terus menolak menaati kontraknya hingga maksimal 1 juta euro atau setara Rp16 miliar.

Putusan ini menjadi pukulan besar dari Rafinha yang tidak akan beraksi hingga akhir musim setelah menjalani operasi lutut pasca hasil imbang 1-1 dengan Atletico Madrid di La Liga Spanyol akhir November lalu.

Pada akhirnya, Rafinha harus menaati kontraknya dengan apparel olahraga asal Amerika itu, Ia harus kembali mempromosikan Adidas yang telah bekerja sama dengan pihaknya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT