Liga Inggris

Suporter Tottenham Hotspur Dihukum Ringan Usai Rasis, Fans Arsenal Mengamuk

Rabu, 19 Desember 2018 14:24 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Lanjar Wiratri
© The Sun
Fans Tottenham Spurs yang Melempar Pisang ke Arah Pierre-Emerick Aubameyang Copyright: © The Sun
Fans Tottenham Spurs yang Melempar Pisang ke Arah Pierre-Emerick Aubameyang

INDOSPORT.COM - Fans Arsenal tak terima atas hukuman yang diberikan kepada suporter Tottenham Hotspur yang melempar kulit pisang ke arah Aubameyang saat laga Arsenal vs Tottenham, Minggu (2/12/18). Fans Arsenal mengamuk karena sang pelaku hanya dihukum ringan.

Suporter Tottenham, Averof Panteli, mendapatkan hukuman dilarang mengikuti kegiatan berbau sepak bola selama empat tahun dan denda sebesar 500 poundsterling atau setara dengan Rp9 juta.

Panteli mengakui telah melempar kulit pisang ke arah Aubameyang saat sang pemain merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Tottenham. Namun pria berusia 57 tahun tersebut menyangkal tuduhan bahwa ia rasis.

© INDOSPORT
Striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang melakukan selebrasi dan dilempati kulit pisang oleh fans Tottenham. Copyright: INDOSPORTStriker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang melakukan selebrasi dan dilempati kulit pisang oleh fans Tottenham.

Atas aksinya tersebut Panteli telah meminta maaf kepada seluruh pihak yang merasa telah dirugikan, khususnya Aubameyang.

"Jika ada orang yang ingin saya meminta maaf, saya akan minta maaf," ujar Panteli.

"Saya ingin meminta maaf kepada Ian Wright, Aubameyang, para pemain Arsenal, para pemain Tottenham, dan kawan-kawan suporter Tottenham, saya tidak bermaksud untuk menghina siapapun," tambahnya.

Walaupun Panteli sudah meminta maaf dan mendapatkan hukuman, fans Arsenal nampaknya kurang puas. Banyak yang merasa Panteli pantas dihukum lebih berat lagi. 

"'Kita menemukan pelanggaran rasial di kejadian itu. Denda ditambah 100 poundsterling menjadi 500 poundsterling dan larangan menonton di stadion selam 4 tahun (seumur hidup oleh fans Tottenham) untuk seorang yang melempari kulit pisang ke Aubameyang. Kapan pengadilan akan serius menangani kasus rasis?" tulis pemilik akun @henrywinter.

"Suporter rasis yang melempar kulit pisang ke pemain kami didenda 500 pounds dan dilarang ke stadion selama 4 tahun. Bukan hukuman yang berat menurutku. Agar kejadian ini tidak terulang kembali, kalian harus memberi ancaman. Larang dia seumur hidup dari sepak bola. Itu baru bagus," tulis pemilik akun @Ross_Jeffries.

"Apakah benar suporter Tottenham hanya didenda 635 pounds setelah melempar kulit pisang ke Aubameyang, sedangkan suporter Arsenal harus membayar 800 pounds setelah seorang suporter melempar botol kosong? Sebuah Kegilaan." tulis pemilik akun @jamesdr84.

Pengacara Panteli, Leila Rasool, mengatakan polisi mengakui bahwa tindakan yang dilakukan Panteli bukan termasuk pelanggaran rasis.

"Polisi langsung memberi tahu Panteli bahwa mereka menerima bandingnnya dan menyatakan bahwa tidak ada pelanggaran rasis yang Panteli lakukan." kata Leila.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT