Liga Indonesia

Menurut Eko Maung, Ini Hukum untuk Pengaturan Skor Sepak Bola Indonesia

Kamis, 20 Desember 2018 00:30 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Diskusi sepak bola Indonesia soal mafia pengaturan skor di Mata Najwa, Trans 7, Rabu (19/12/18) yang bertajuk 'PSSI Bisa Apa' kembali digelar. Salah satu narasumber, Eko Maung, menjelaskan ada hukum yang relevan dengan kasus pengaturan skor.

Eko Maung, yang dikenal sebagai pengamat hukum sepak bola Indonesia, menjelaskan bahwa negara kita sudah memiliki undang-undang yang mengurus kasus pengaturan skor.

Eko Maung mengatakan awalnya, bahwa FIFA bisa kembali menghukum PSSI jika kasus pengaturan skor tidak segera ditindak oleh federasi.

"Jika federasi (PSSI) menutup diri, FIFA bisa menghukum dan negara akan masuk. Tapi dengan begitu kita tahu bahwa mereka (PSSI) tidak menganggap penting kasus pengaturan skor," ucap Eko Maung mengawali pernyataannya.

Lebih lanjut lagi, Eko Maung pun menjabarkan bahwa Indonesia sebenarnya memiliki undang-undang untuk kasus ini. Yaitu UU No 11 tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap.

"Ada satu hukum yang relevan diterapkan yaitu UU No 11 tahun 1980, UU ini eksis ketika zaman orde baru. UU 11/1980 ini tidak pernah digunakan dalam menyelesaikan kasus seperti ini (pengaturan skor)," jelas Eko Maung lagi.

Dalam diskusi soal mafia sepak bola Indonesia itu, Eko Maung kembali meminta pihak Kepolisian segera tuntas menyelidiki kasus pengaturan skor dengan bukti-bukti yang sudah ada.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya Hanya di INDOSPORT

140