Liga Indonesia

Urusan Beli Pemain di Bursa Transfer, Persebaya Dapat Nasihat dari Legenda

Minggu, 23 Desember 2018 14:31 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Lanjar Wiratri
© Fitra Herdian/Indosport
Meski sudah pensiun Anang Maruf staminanya masih terjaga. Copyright: © Fitra Herdian/Indosport
Meski sudah pensiun Anang Maruf staminanya masih terjaga.

INDOSPORT.COM - Kompetisi Liga 1 musim depan memang belum dimulai, namun sejumlah klub pesertanya sudah mulai bergerak untuk membidik calon pemainnya masing-masing. Urusan membeli pemain untuk Liga 1 musim depan, Persebaya Surabaya pun dapat nasihat dari salah satu legendanya.

Salah satu klub yang saat ini sedang membidik banyak calon pemain adalah Persebaya Surabaya. Ternyata hal ini disoroti oleh salah satu legenda hidup Persebaya Surabaya yakni Anang Maruf.

Pemain yang sewaktu aktif bermain bola sebagai bek ini menyarankan agar mantan klubnya itu memberikan porsi lebih untuk pemain-pemain hasil didikan internal Persebaya.

Harapannya dengan semakin banyak pemain lokal alias pemain hasil didikan internal Persebaya Surabaya, roh Bajul Ijo kembali lagi layaknya era 80 hingga 90-an. Terutama saat Anang Maruf masih aktif sebagai pemain sepak bola.

"Menurut pendapat saya pribadi Persebaya itu harus memperbanyak pemain lokalnya agar roh klub ini kembali seperri dulu," kata Anang Maruf.

Harapan anang agar Persebaya lebih banyak memberikan kesempatan pada para pemain didikan bukan tanpa alasan. Saat masih berseragam Persebaya, Anang dengan sejumlah pemain-pemain lokal berhasil meraih masa keemasan.

Sebut saja seperti Muharom Rusdiana, Maura Hally sampai Mustaqim. Nama-nama itu merupakan pemain-pemain Bajul Ijo di era keemasan, kemudian lanjut ke era 90-an yang diisi pemain-pemain berbakat juga seperti, Uston Nawasi, Mat Halil dan Bejo Sugiantoro.

"Saya kira percuma saja kalau banyak pemain hebat di Persebaya tapi pemain lokalnya tidak ada. Kita tidak akan di segani lagi, baik di kandang atau di tandang. Mental pemain lokal juga tidak perlu di ragukan lagi," bebernya.

Keinginan Anang Ma'ruf itu sebenarnya sudah sejalan dengan rencana manajemen Persebaya Surabaya yang akan mendatangkan Evan Dimas yang juga pernah berseragam Persebaya. Namun sayang ketika diminta mengomentari hal tersebut, Anang memilih bungkam dan tidak mau berkomentar terlalu banyak. 

Terus Ikuti Berita Sepak bola Seputar Liga 1 Lainnya di INDOSPORT