Liga Indonesia

Steven Gerrard-nya Liga Indonesia Kirim Kode Merapat ke Persib Bandung

Rabu, 26 Desember 2018 13:51 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Juni Adi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib Bandung Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib Bandung

INDOSPORT.COM - Membela klub di tanah kelahiran, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi seorang pemain. Termasuk Asep Berlian, yang berhasrat untuk pulang kampung setelah merantau empat tahun lamanya di Jawa Timur.

Rasanya tak ada lagi tim yang memberinya kebanggaan khusus bagi midfielder kelahiran Bogor, Jawa Barat itu. Yaitu bermain di Persib Bandung, yang kini menjadi salah satu pertimbangannya dalam kelanjutan karier untuk kompetisi musim depan.

"Tidak bisa disangkal, bermain di klub sebesar Persib Bandung, menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya pribadi," ujar Asep Berlian.

"Saya lahir di Jabar, dan Persib juga tim kebanggaan masyarakat Bandung maupun Jawa Barat," pemain yang dijuluki Steven Gerrard di skuat Madura United itu menambahkan.

Sejak berkiprah sebagai pemain profesional, Asep memang belum merasakan bermain di Jawa Barat. Karir juniornya dimulai saat masih menjadi penggawa Pelita Jaya U-21 saat Esteban Vizcarra membela tim senior di musim 2010 silam.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Gelandang Madura United, Asep Berlian Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTGelandang Madura United, Asep Berlian

Jam terbang kemudian ia kejar di Persika Karawang hingga mengantarkannya menghuni skuat tim Jawa Barat di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) di Riau pada tahun 2012 yang lalu.

Setelah sempat kembali ke Persika, Asep kemudian merantau ke Jawa Timur mulai 2014. Dimulai dengan membela Persik Kediri dan Persebaya Surabaya di pentas ISL bersama Rahmad Darmawan, kemudian melabuhkan karir selama tiga tahun di Madura United.

Julukan Steven Gerrard yang disandangnya juga mulai tersemat saat di MU. Hal itu merujuk pada kapasitasnya yang handal dalam menggalang lini tengah secara solid, maupun eksekusi shooting jarak jauh yang mirip gelandang legendaris Liverpool itu.

"Saat ini saya memang masih bagian dari Madura United, sampai akhir Desember ini. Tapi, masa depan tidak ada yang tahu, termasuk peluang (bermain di Persib) itu," tutup Asep.