Liga Indonesia

Jejak Bambang Suryo, Aktor dan Pembongkar Skandal Pengaturan Skor yang Dihukum Seumur Hidup PSSI

Kamis, 27 Desember 2018 09:51 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
bambang suryo, mantan pengatur skor Liga Indonesia. Copyright: © INDOSPORT
bambang suryo, mantan pengatur skor Liga Indonesia.

INDOSPORT.COM - Publik sepak bola Tanah Air dikejutkan dengan pengakuan Bambang Suryo (BS) yang menyebut pertandingan Liga Indonesia telah tercampur oleh tangan kotor mafia sepak bola hingga skandal pengaturan skor. Namun siapakah sosok Bambang Suryo sebenarnya? Berikut jejak Bambang Suryo aktor sekaligus pembongkar skandal pengaturan skor yang dihukum seumur hidup oleh PSSI.

Jelang berakhirnya tahun 2018 rakyat Indonesia dikejutkan dengan pernyataan Bambang Suryo dalam salah satu acara talkshow "Mata Najwa" yang disiarkan langsung oleh salah satu tv swasta beberapa waktu lalu.

Dalam acara bertajuk "PSSI Bisa Apa?" tersebut, Bambang Suryo secara terang-terangan mengakui jika sepak bola Indonesia memang melakukan praktik pengaturan skor oleh beberapa bandar judi nasional hingga level internasional. 

Tak hanya dalam acara live di stasiun tv, Bambang Suryo pun menyebut adanya tindakan match fixing di Liga Indonesia dalam forum diskusi terbuka salah satunya yang terjadi dalam forum diskusi #PSSIHarusBaik di Graha Pena Surabaya, Senin (17/12/18) lalu.

"Untuk liga 2 saya bisa memastikan memang ada mafia yang mengendalikan sepak bola Indonesia. Orang-orang aslinya juga saya tahu semua," ujar Bambang.

Meski dianggap mampu membongkar para mafia sepak bola Indonesia, namun Bambang justru mendapat nasib buruk lantaran menerima sanksi larangan beraktivitas di dunia sepak bola seumur hidup dari PSSI beberapa waktu lalu.

Lantas siapa sebenarnya sosok Bambang Suryo yang dianggap kunci pemberantasan mafia sepak bola nasional tersebut, berikut INDOSPORT merangkum rekam jejak perjalanan Bambang Suryo sang pengungkap kasus pengatur skor yang kini justru mendapat skors PSSI.

124