Liga Spanyol

Pergi ke Juventus, Ronaldo Selamatkan Real Madrid dari Kerugian

Rabu, 2 Januari 2019 10:59 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images
Cristiano Ronaldo pemain terakhir yang memakai nomor punggung 7 di Real Madrid sebelum Mariano Diaz. Copyright: © Getty Images
Cristiano Ronaldo pemain terakhir yang memakai nomor punggung 7 di Real Madrid sebelum Mariano Diaz.

INDOSPORT.COM – Hengkangnya Cristiano Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus pada bursa transfer musim panas lalu telah mengejutkan dan menggemparkan dunia sepak bola. Meski sudah hampir semusim pergi dari Madrid namun alasan pemain berjuluk CR7 itu memilih hengkang ke Juventus masih banyak dibicarakan. Bahkan, alasan Madrid akan bangkrut jika Ronaldo tak pergi kini mengemuka.

Banyak yang tak setuju bahwa Los Blancos seharusnya melepas Ronaldo, dan akhir-akhir ini media Daily Telegraph telah mengklaim alasan sebenarnya mengapa CR7 pergi meninggalkan Santiago Bernabeu, yakni beban keuangan yang harus ditanggung klub.

"Tanpa penjualan 100 juta euro (Rp1,6 triliun) ke Juventus, yang juga menghapus upah tahunannya 42 juta euro (Rp626 miliar), Real Madrid akan membukukan kerugian 87 juta euro (Rp1,4 triliun) daripada laba 43 juta euro (Rp700 miliar)," tulis Sam Wallace jurnalis kondang dari Telegraph.

© INDOSPORT
Ronaldo memamerkan 5 Ballon dOr miliknya sebelum laga Madrid vs Sevilla. Copyright: INDOSPORTRonaldo memamerkan 5 Ballon dOr miliknya sebelum laga Madrid vs Sevilla.

"Dampak keungan terkait penggantian Ronaldo dengan Mariano, yang ditandatangani kembali dari Lyon, adalah 96 juta euro. Mariano menelan biaya 20 juta euro, menjadikan biaya bukunya tahun ini hanya 4 juta euro. Ia menghasilkan 34 juta euro per tahun lebih rendah dari Ronaldo, sekaligus menghemat 130 juta euro,"

Sebagian besar penggemar sepak bola ingin tahu mengapa El Real mengizinkan penyerang asal Portugal itu pergi pada tahun yang sama dengan kepergian Zinedine Zidane sebagai manajer. Namun, Florentino Perez belum memberikan pernyataan pasti dan hanya mengungkapkan pendapatnya tentang Ronaldo.

"Para penggemar Real Madrid sangat bangga telah pernah memiliki Cristiano selama sembilan musim. Dia adalah penerus Alfredo Di Stéfano yang layak, dia adalah pemain yang telah mencetak lebih banyak gol dalam sejarah klub" kata Perez kepada El Chiringuito.

"Dan saya pikir dia adalah salah satu pemain yang akan berada di hati para penggemar Real Madrid dan akan terus diingat dari generasi ke generasi. Dia adalah salah satu sosok yang suatu hari akan kembali," tutup Perez.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Spanyol Lainnya Hanya di INDOSPORT