Bola Internasional

Bukan Cuma di Klasemen, Dortmund Sukses Pecundangi Munchen Soal Loyalitas Fans

Jumat, 4 Januari 2019 15:31 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Borussia Dortmund menjadi penantang kejayaan Bayern Munchen paling kuat di ajang Bundesliga (kasta tertinggi bola Indonesia) musim 2018/19 .

Hingga paruh musim pertama,Borussia Dortmund bahkan mampu menjaga puncak klasemen sementara dari kejaran Bayern Munchen.

Hingga pekan ke-17, Borussia Dortmund sukses menjaga jarak 6 poin dari seteru klasiknya tersebut. Bahkan, Borus Dortmund juga mampu mengemas 44 kali membobol gawang lawan berbanding 36 gol yang dilesakkan Bayern Munchen.

Keunggulan Dortmund atas Munchen sendiri tidak hanya urusan klasemen semata. Melansir data dari laman berita olahraga Kicker (04/01/19), Borussia Dortmund memiliki keunggulan soal loyalitas pendukung yang datang ke stadion.

Selama melakukan 9 laga sepak bola kandang musim ini, total ada 724.525 orang yang datang ke Signal-Iduna Park. Artinya, stadion kebanggaan klub yang diperkuat Jadon Sancho ini dipenuhi rata-rata 80.502 penonton setiap laganya.

Sementara itu, Allianz Arena total disesaki oleh 600 ribu pendukung dari 8 laga sepak bola kandang Bayern Munchen musim ini. Catatan tersebut membuat klub sepak bola berjuluk The Bavarians terhitung didukung rata-rata 75 ribu orang dalam setiap laga.

Catatan ini menjadi indikator lain dari betapa ganasnya penampilan Borussia Dortmund musim ini. Adrenalin pemain tentu saja bisa meningkat apabila didukung oleh 80 ribu fans loyal, sementara pemain tamu tentu bisa ciut nyali jika melihat catatan ini.

Terus Ikuti Update Berita Sepak Bola Bundesliga Lainnya di INDOSPORT.COM