Liga Indonesia

Mirip dengan Situasi Persib, Mampukah Persija Jakarta Pertahankan Gelar Liga 1 Musim Depan?

Sabtu, 5 Januari 2019 02:34 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Pemain Persija Jakarta mengangkat tropi Liga 1, merayakan kemenangannya. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Pemain Persija Jakarta mengangkat tropi Liga 1, merayakan kemenangannya.

INDOSPORT.COM - Nasib kurang beruntung tengah dialami Persija Jakarta. Jelang berlangsungnya kompetisi sepak bola kasta tertinggi Liga Indonesia-Liga 1 musim depan, Persija justru ditinggal banyak pilarnya.

Dimulai dari hengkangnya gelandang jangkar Renan da Silva ke klub Borneo FC, dan pemain bertahan Jaimerson Xavier yang memutuskan pindah dari Persija Jakarta karena telah sepakat dengan klub lainnya.

Bahkan sang juru taktik Stefano Cugurra Teco pun turut pindah lantaran dirinya disebut ingin mencari tantangan baru.

Dengan kondisi tim yang bisa dikatakan telah melemah, mampukah Persija Jakarta kembali tajam dan mempertahankan gelar juara yang meraih di musim depan?

Jika berkaca dengan kondisi Persija saat ini, sejatinya sang rival mereka yakni Persib Bandung juga pernah merasakan hal yang mirip di musim lalu.

Persib Bandung pada musim lalu sempat 'digembosi' dengan sejumlah sanksi mulai dari bermain di luar kandang hingga bermain tanpa suporter, hal tersebut membuat peforma mereka yang sempat memimpin puncak klasemen langsung menurun drastis hingga harus mengakhiri musim di urutan ke-4.

Lalu bagaimana dengan nasib Persija Jakarta yang sama-sama 'dilucuti' layaknya Persib musim lalu? Jika melihat dari jadwal kompetisi yang bakal dilakoni Persija tahun 2019 ini, Macan Kemyoran kemungkinan akan kesulitan jika tak segera mencari pemain dan pelatih sepadan.

Bayangkan saja, di musim depan mereka bakal berhadapan dengan tim-tim kuat kawasan Asia di ajang Liga Champions Asia 2019 dan tak hanya itu mereka juga masih akan bermain di Piala Indonesia 2018.

Andai manajemen salah memboyong juru taktik dan pemain ke dalam skuat macan kemayoran, maka bisa dipastikan Persija Jakarta nantinya hanya akan menjadi tim pemanis dan kembali kehilangan tajinya di Liga Indonesia.

Ikuti Terus Update Informasi Seputar Liga 1 dan Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

27