Bola Internasional

Rekam Jejak Buruk, Ini Pembelaan Ketum Jakmania untuk Ivan Kolev yang Bakal Latih Persija

Minggu, 6 Januari 2019 11:34 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Ivan Venkov Kolev eks pelatih Timnas Indonesia Copyright: © INDOSPORT
Ivan Venkov Kolev eks pelatih Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM - Nama pelatih sepak bola asal Bulgaria, Ivan Kolev, memang belakangan dikaitkan dengan Persija Jakarta. Pelatih 61 tahun ini bahkan disebut-sebut selangkah lagi akan diresmikan sebagai juru racik anyar klub sepak bola Ibu Kota itu. 

Segala catatan buruk Ivan Kolev saat terakhir kali menangani PS TIRA pun mendapatkan pembelaan dari Ketua Umum (Ketum) Jakmania.

Nama Kolev mencuat bukan tanpa alasan. Pelatih asal Bulgaria itu menjadi kandidat bersama mantan pelaatih Timnas Indonesia Alfred Riedl.

Namun seiring waktu berjalan, nama Kolev menjadi yang terdepan. Bahkan dia dikabarkan telah menerima penawaran yang diajukan Persija Jakarta.

Akan tetapi, penunjukkan Kolev sebagai calon pelatih Persija Jakarta sempat menjadi pertanyaan besar. Terlebih terakhir berkarier di sepak bola Indonesia, Kolev punya rekam jejak buruk bersama PS TNI tahun 2017 (PS TIRA saat ini).

Dia gagal membawa PS TNI (PS TIRA) bersaing di papan klasemen. Bahkan PS TNI terjerembab di posisi 15 dan membuat Kolev terdepak dari kursi pelatih.

Disinggung akan hal ini, Jakmania memiliki pembelaan. Ketum Jakmania Ferry Indra Sjarief menyebut sosok Kolev memiliki ikatan dengan Persija.

"Kita harus lihat sosok Kolev dulu. Dia berhasil membuat Persija di segani di Liga Indonesia musim 1999. Dia berhasil mengorbitkan nama Bambang Pamungkas kala itu," ucap pria yang kerap disapa Bung Ferry ini.

Bung Ferry memang melihat Kolev memiliki andil besar terhadap permainan Persija kala itu. Dia berani mengubah formasi dengan mengandalkan Bambang Pamungkas di lini depan.

"Saat itu kita lihat Bagaimana Bambang Pamungkas yang masih 19 tahun dimanjakan dengan enam gelandang di belakangnya. Sebut saja Budiman, Imran Nahumarury, Anang Ma'ruf," tambah Bung Ferry.

Dengan torehan manis di masa lalu, Jakmania menilai sosok Kolev masih layak menjadi pelatih Persija Jakarta untuk musim 2019.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Seputar Persija Lainnya di INDOSPORT 
 

246