Tak Sembarangan, Touring ke Puncak Pakai Motor Harus Perhatikan Hal Ini

Selasa, 25 Desember 2018 17:01 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Istimewa
Ilustrasi touring Copyright: © Istimewa
Ilustrasi touring

INDOSPORT.COM - Piknik dengan touring pakai motor bersama sahabat maupun teman-teman menjadi salah satu solusi untuk memanjakan diri dari dunia kerja menjelang akhir tahun.

Salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Puncak Bogor. Karena kawasan ini memiliki udara yang sejuk dan bisa menenangkan jiwa dari pekerjaan yang penat.

Banyaknya pohon-pohon di kawasan Puncak Bogor dapat memanjakan mata. Di mana pemandangan yang begitu indah terpancar dapat membuat otak menjadi tenang.

Menuju ke Puncak Bogor juga menjadi sebuah perjalanan yang nikmat dengan touring menggunakan motor karena sederet tanaman hijau mulai membuat mata bisa menjadi rileks.

Perjalanan menggunakan motor secara beriringan begitu sangat praktis dan menyenangkan. Sebab ketika mulai memasuki kawasan Puncak Bogor sudah terasa udara dingin.

Akan tetapi sebelum mengendarai motor dengan jarak yang jauh, para penggunanya mesti memperlihatkan beberapa hal. Agar perjalanan ke piknik menjadi nyaman.

Salah satu yang perlu dicek pada bagian motor adalah rantai, jika piknik ke Puncak Bogor mengendarai motor bebek atau motor sport. Sebab motor bergigi memiliki kekuatan lebih ketika melakoni perjalanan yang menanjak.

Karena rantai sepeda motor merupakan salah satu bagian penting ketika berkendara. Sehingga rantai tersebut bisa terlihat tetap bersih dan awet dalam berkendara.

Oleh karenanya, berikut ini beberapa tips dari INDOSPORT kepada Anda untuk dapat meminimalisasi karat pada sepeda motor ketika musim hujan datang.

1. Cuci Motor setelah Terkena Air Hujan 

Cara ini dapat membersihkan komponen sepeda motor dari kotoran dan air hujan selama perjalanan. Bersihkan secara merata dari bagian badan motor hingga mesin motor.

Jangan lupa untuk membersihkan komponen dalam motor secara detail hingga ke sela-sela tersempit untuk menjaga usia mesin motor.

2. Keringkan Sepeda Motor

Setelah di cuci bersih maka keringkan sepeda motor sampai tidak ada air yang tersisa. Hal ini bertujuan agar tidak ada air yang menempel pada komponen sepeda motor dan menimbulkan karat.

3. Lapisi Komponen Sepeda Motor dengan Cairan Khusus

Untuk komponen sepeda motor yang mudah terkena karat seperti mur, baut, gear dan rantai sepeda motor bisa di lapisi dengan cairan khusus yang dapat melapisi dan melindungi dari karat.

Proses pelapisan ini bisa di lakukan setiap kalo motor di cuci agar selalu terjaga dan tidak harus membeli komponen yang baru ketika sudah berkarat. Jadi lebih hemat uang.

Untuk menjaga komponen sepeda motor tetap awet dan terhindar dari karat, kamu bisa memilih cairan khusus yang sudah terjamin kualitasnya seperti Yamalube Multipurpose.

© Yamaha
Yamalube Multipurpose Copyright: YamahaYamalube Multipurpose

Selain dapat melapisi dan melindungi dari karat, cairan ini dapat digunakan untuk melumasi komponen yang sulit dibuka seperti mur dan baut, engkol mesin, step (pijakan kaki) yang macet.

Penggunaan produk ini pun bisa juga untuk kegiatan sehari-hari seperti engsel pintu yang macet dan berbunyi.

Produk ini merupakan salah satu produk perawatan sepeda motor dari Yamaha selain Yamalube Brake and Parts Claner (cairan pembersih gemuk dan oli) serta Yamalube Chain Lube (cairan pelindung rantai) dan dapat di beli di dealer resmi Yamaha.

Info selengkapnya tentang produk jagoan ini bisa dicek di sini.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
20%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
80%