Liga Indonesia

Indra Sjafri Bongkar Alasan Tak Panggil Banyak Pemain Luar Negeri ke Timnas U-22

Senin, 7 Januari 2019 10:12 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Indra Sjafri memberikan arah kepada anak asuhnya. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Indra Sjafri memberikan arah kepada anak asuhnya.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri memutuskan hanya memanggil dua pemain dari klub luar negeri untuk bergabung dalam pemusatan latihan menjelang Piala AFF U-22. Bakal digelar awal Februari mendatang di Kamboja, dua pemain asal klub luar negeri yang dipanggil Indra Sjafri yakni Ezra Walian (RKC Waalwijk) dan Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk).

Hal ini tentu mengundang banyak tanda tanya bagi pencinta sepak bola nasional, lantaran banyak anak muda Indonesia yang tersebar dan menimba ilmu di beberapa negara Eropa seperti Nathan Muskitta, Nicholas Pambudi, Rafid Habibi dan lainnya.

Terkait hal itu, Indra Sjafri rupanya mempunyai alasan tersendiri. Ia mengatakan, untuk saat ini hanya Egy dan Ezra yang layak untuk dicoba kemampuannya. Sedangkan pemain lainnya, masih belum terlihat perkembangannya, namun tidak menutup kemungkinan bisa membela Timnas Indonesia di kemudian hari.

"Saya belum lihat yang lain, baru dua itu karena yang lain belum layak. Saya belum lihat, tapi kalau ada informasi silahkan boleh di share (informasi)," tuturnya.

Pada pemusatan latihan kali ini, Indra Sjafri memanggil 38 pemain dengan banyak diantaranya merupakan jebolan dari Timnas Indonesia U-19 ditambah pemain muda hasil pantauan Liga 1, 2 dan 3. Rata-rata pemain yang masuk dalam skuat sementara Timnas U-22 ini berusia di bawah 21 tahun dan banyak mendapat kesempatan bermain di klub, sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan.

"Saya belum move on dari U-19, tapi kalau pemain muda saat ini kita tak usah diragukan lagi. Ini bahkan jadi daya tarik buat talent scouting dunia, ada juga player hunter yang bergerak di kompetisi usia muda kita," tuturnya.

Pada Piala AFF U-22, PSSI tidak memberikan target tinggi untuk tim asuhan Indra Sjafri. PSSI berharap tim ini menjadi persiapan awal menuju kualifikasi Piala Asia U-23 yang berlangsung Maret mendatang, lantaran federasi menargetkan lolos ke babak utama pada 2020.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT 
 

292