Liga Inggris

Ternyata Roman Abramovich Nyaris Beli Arsenal 16 Tahun Lalu

Senin, 7 Januari 2019 20:40 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Pemilik Chelsea, Roman Abramovich. Copyright: © Getty Images
Pemilik Chelsea, Roman Abramovich.

INDOSPORT.COM - Roman Abramovich ternyata pernah nyaris membeli Arsenal sebelum ia beralih ke Chelsea 16 tahun lalu. Dilansir The Sun, hal tersebut terungkap lewat sebuah buku berjudul The Club yang dirilis baru-baru ini.

Dalam buku yang ditulis dua orang penulis Wall Street Journal tersebut, pada tahun 2003 Abramovich sedang memilih-milih klub Liga Inggris yang ingin dibelinya. Ia pun meminta bantuan jasa sebuah perusahaan keuangan Swiss, UBS.

Mereka diminta menelusuri dan memeriksa kondisi finansial klub-klub tersebut. Namun kabarnya, pihak UBS salah memberikan informasi kepada Abramovich terkait situasi Arsenal kala itu.

Hasil yang sampai ke telinga Abramovich pun menyebut bahwa Arsenal termasuk ke dalam kategori tidak dijual. Telah terlanjur tertarik dengan Arsenal, Abramovich pun terpaksa menurungkan niatnya dan berpaling ke Chelsea.

Ia pun mengucurkan dana sebesar 140 juta poundsterling atau sekitar Rp2,5 triliun untuk ‘menyelamatkan’ The Blues yang saat itu masih belum punya nama besar dan mentereng di sepak bola Inggris.

Apa yang dimulai Abramovich pun berbuah manis. Kondisi di Chelsea berangsur-angsur membaik dan mereka mulai menjelma sebagai salah satu klub yang diperhitungkan di Liga Inggris. Mereka bahkan sudah berhasil meraih banyak trofi bergengsi sejak diambil alih Abramovich.

Selain Arsenal, Abramovich kabarnya juga sempat berniat membeli Tottenham Hotspur. Namun ia kabarnya mengurungkan keinginannya tersebut karena tidak menyukai lingkungan sekitar White Heart Lane saat itu.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%