Liga Indonesia

Profil Eero Markkanen, Striker Finlandia Incaran PSM Makassar

Jumat, 11 Januari 2019 11:05 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - PSM Makassar saat ini tengah mengincar salah satu striker Eropa asal Finlandia Eero Markkanen. Berikut profil singkat pemain dengan tinggi 1997 cm ini.

Terlahir dengan nama lengkap Eero Pekka Sakari Markkanen, pemain kelahiran Finlandia ini memang sudah dari kecil memiliki darah atlet atau olahragawan di dalamnya.

Eero Markkanen merupakan anak laki-laki dari pasangan mantan pemain bola basket Pekka Markkanen (ayah) dan Riikka Ellonen (ibu).

Pemain yang lahir pada 3 Juli 1991 ini juga memiliki adik bernama Lauri Markkanen yang mengikuti jejak kedua orang tuanya menjadi pemain basket dengan bergabung ke Chicago Bulls.

Sejak berusia delapan tahun Eero bergabung dengan klub lokal Finlandia JJK Jylvaskyla. Selama 11 tahun ia ditempa untuk menjadi striker tajam profesional.

Melihat tingginya yang menjulang, klub FC Jyvanskyla Blackbird merekrut Eero pada 2010. Bertahan semusim saja, Eero pun pindah ke ViPa dan sempat menjalani masa pinjaman ke Jamsankosken Ilves.

Tahun berikutnya Eero pun kembali ke klub yang membimbingnya, JJK. Performa apiknya yang mencetak 11 gol dari 21 laga, membuat AIK merekrutnya.

Bakatnya ini langsung terendus oleh Real Madrid dan direkrut pada 2014. Tetapi Eero hanya bermain untuk Real Madrid Castilla saja dan gagal menembus skuat utama.

Penampilannya pun dipanggil untuk melakoni laga bersama Timnas Finlandia. Eero menjalani debut pada Mei 2014 saat berusia 22 tahun dan kini telah mengemas 16 caps.

© Istimewa
Eero Markkanen saat berseragam Real Madrid Copyright: IstimewaEero Markkanen saat berseragam Real Madrid B.

Perjalannya terus berlanjut ke RoPS pada 2015. Semusim berselang ia kembali ke AIK dan menjadi titik puncak kariernya dan Eero bermain selama 35 kali dan mencetak 10 gol selama tiga musim.

Meski begitu ia juga kerap dipinjamkan ke Dynamo Dresden (2017) dan Randers (2018). Hingga berlabuh di klub terakhirnya yakni Dalkurd FF.

Sepanjang kariernya, Eero Markkanen tak pernah mampu mencetak lebih dari 15 gol. Raihan tertinggi hanya 11 gol dalam semusim saja.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%