Bola Internasional

Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2019, Thailand Wajib Berterima Kasih kepada Negara Ini

Selasa, 15 Januari 2019 05:43 WIB
Editor: Juni Adi
© AFC
UAE vs Thailand. Copyright: © AFC
UAE vs Thailand.

INDOSPORT.COM - Thailand memastikan diri jadi satu-satunya wakil Asia Tenggara, yang melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2019. Kepastian tersebut didapat setelah mereka menempati peringkat kedua, klasemen akhir Gurp A.

The Elephant War berhasil menahan imbang tuan rumah Uni Emirat Arab dengan skor 1-1, saat bermain di Stadion Hazza Bin Zayed, Senin (15/01/19) malam WIB.

Tambahan satu poin membuat posisi Thailand terdongkrak ke urutan dua klasemen Grup A dengan koleksi empat poin. Sebelumnya mereka berada di peringkat ketiga.

Publik Negeri Gajah Putih patut berterima kasih kepada Bahrain. Sebab, keberhasilan Thailand lolos ke fase gugur tidak lepas dari pertandingan lain antara India vs Bahrain.

Secara mengejutkan, India yang tampil garang di awal turnamen karena membantai Thailand dengan skor 4-1, harus takluk dari Bahrain di laga pamungkas dengan skor 1-0.

Hasil tersebut membuat India yang tadinya di posisi kedua, harus turun drastis ke dasar klasemen, dan dipastikan tersingkir. Sementara Bahrain, berada di peringkat ketiga dengan empat poin. Mereka kalah head to head dari Thailand.

Thailand dan Uni Emirat Arab bergabung dengan 10 tim lainnya yang sudah memastikan diri lolos lebih dahulu, yakni Arab Saudi, Yordania, China, Korea Selatan, Irak, Iran, Jepang, Qatar, dan Uzbekistan.

Total ada 12 tim yang sudah lolos, itu artinya masih tersisa empat tiket lagi yang akan diperubutkan. Satu tiket untuk runner-up Grup B, tiga tiket lainnya akan diberikan kepada tiga tim peringkat tiga terbaik.

122