Bola Internasional

Ditanya soal Ronaldo vs Messi, Begini Jawaban Bijak Mourinho

Jumat, 18 Januari 2019 12:38 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Jose Mourinho, kini menjadi salah satu pelatih berpengalaman yang menganggur. Copyright: © Getty Images
Jose Mourinho, kini menjadi salah satu pelatih berpengalaman yang menganggur.

INDOSPORT.COM – Perdebatan seputar siapa yang terbaik antara Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi tak ada habisnya. Disodori pertanyaan tersebut dalam kapasitasnya sebagai pandit TV, Jose Mourinho memberikan jawaban dengan sangat bijak.

Ronaldo dan Messi pernah saling berhadapan satu sama lain dalam 35 pertandingan sepanjang karier mereka. Di sejumlah laga tersebut, Messi mencetak 16 gol, 6 gol lebih unggul dari Ronaldo.

Selain itu, mereka menorehkan keseluruhan 600 gol lebih di semua kompetisi di sepanjang karier mereka. Namun, Ronaldo mencetak lebih banyak gol ketimbang Messi di kompetisi Liga Champions.

Mourinho, sementara itu, pernah menjadi pelatih Ronaldo di Real Madrid. Mereka berdua juga pernah menghadapi Messi yang bermain di Barcelona dalam beberapa pertandingan.

Kendati demikian, Mourinho tidak ingin menyebut mantan anak buahnya yang terbaik, sedangkan ia mengabaikan pemain lainnya yang juga memiliki catatan bagus.

“Saya pikir tidak adil untuk mereka berdia jika seseorang mengatakan yang satu lebih baik dari yang lain,” kata eks pelatih Chelsea dan Manchester United itu kepada beIN Sports.

© INDOSPORT
Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi Copyright: INDOSPORTCristiano Ronaldo vs Lionel Messi

“Saya pikir mereka hanya berbeda. Satu-satunya hal yang bisa saya katakana ketika saya memiliki Ronaldo di kubu saya (Real Madrid), saya menjadi orang yang sangat bahagia.”

“Dan ketika saya harus bermain melawan Messi, saya harus banyak berpikir untuk mencoba membantu tim memiliki peluang untuk berhasil.”

Mourinho, di samping itu, juga sangat mengagumi perjalanan panjang dua pemain yang meraih lima Ballon d’Or masing-masing itu.

Ia tidak bisa memungkiri bahwa di antara pemain sukses yang kemudian menghilang, Ronaldo dan Messi tetap eksis bahkan semakin lebih baik.

“Hal yang perlu dikagumi jumlah tahun yang mereka punyai hingga tetap berada di puncak,” lanjut pelatih asal Portugal itu.

“Untuk menang sekali, itu bisa terjadi. Untuk menang terus jauh lebih sulit.”

“Sebagai pemain Anda bisa tampil bagaikan badai dan kemudian menghilang. Namun dua orang ini berada di sana selama sepuluh tahun dan semuanya soal mereka sampai mereka memutuskan sudah cukup dan orang lain mulai meningkatkan patokan.”

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%