Bola Internasional

Kartu Kuning Bikin Vietnam Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2019

Jumat, 18 Januari 2019 12:45 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© twitter.com/afcasiancup
Vietnam vs Iran di Piala Asia 2019. Copyright: © twitter.com/afcasiancup
Vietnam vs Iran di Piala Asia 2019.

INDOSPORT.COM - Publik sepak bola Vietnam akhirnya bisa bernafas lega, setelah Tim Nasionalnya dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2019.

Kepastian tersebut didapat setelah tim besutan Park Hang-Seo masuk dalam tim peringkat tiga terbaik. Sejatinya, posisi Vietnam bisa saja tergeser oleh Lebanon, yang di laga terakhir menang 4-1 atas Korea Utara, Kamis (17/01/19).

Hasil tersebut membuat Lebanon mampu menyamai torehan selisih gol Vietnam. Hanya saja, Vietnam berhak merebut tiket 16 besar lantaran unggul di faktor poin kedisiplinan.

Sesuai regulasi yang diterapkan AFC dalam ajang ini, perhitungan untuk menentukan suatu tim lolos ke fase gugur, dilihat dari faktor poin, jumlah selisih gol, jumlah mencetak gol, poin kedisiplinan, dan cara terakhir adalah dengan mengundi.

Seperti diketahui, Vietnam dan Lebanon kompak soal perolehan poin (3), selisih gol total (-1), dan jumlah gol memasukkan (4). Namun poin kedisiplinan Vietnam unggul yang dilihat dari perolehan jumlah kartu kuning/merah.

Poin kedisiplinan Vietnam adalah minus 5, hasil dari ganjaran 5 kartu kuning selama fase grup. Adapun Lebanon mendapatkan poin kedisiplinan minus 7 karena mengakumulasi 7 kartu kuning.

Di babak 16 besar Piala Asia 2019 sendiri, The Golden Star -julukan timnas Vietnam- sudah ditunggu oleh juara grup B yakni Yordania. Sementara itu tiga tim lainnya yang lolos dari peringkat tiga terbaik ada Kyrgizstan, Oman dan Bahrain.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%