Liga Indonesia

Demi Bantu Kokohkan Pertahanan Timnas Indonesia U-22, Ini yang Dilakukan Eks Persib Bandung

Selasa, 22 Januari 2019 14:19 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto mengatakan bertekad menciptakan pertahanan yang kokoh bagi skuat Garuda Muda sebelum bertanding di Piala AFF U-22 Februari nanti di Kamboja. Tak hanya fokus pada lini belakang, mantan pemain Persib Bandung itu juga menyasar gelandang bertahan sebagai tembok pertama guna mengacaukan serangan lawan.

"Hal itu (pertahanan) memang menjadi concern saya sejak datang ke sini di minggu pertama (pemusatan latihan). Fokus saya tidak hanya pada empat bek di belakang, tapi juga pertahanan di sektor gelandang," katanya.

Nova siap membagikan ilmunya agar lini pertahanan Timnas Indonesia U-22 semakin kompak. Menurutnya, ada beberapa hal yang patut mendapat perhatumian ekstra agar sehingga pemain bisa nyaman berada di dalam lapangan.

"Saya akan coba berikan semua yang terbaik kepada pemain. Mulai dari compact pertahanannya, komunikasi, dan disiplin pemain yang masih sering salah. Dari kemarin memang masalah komunikasi yang masih sering salah," tuturnya.

"Saat ini para pemain saya lihat sudah cukup baik dalam melakukan build-up, tetapi kita masih belum terlalu fokus ke sana karena saya masih fokus benahi dari compact defence di belakang. Setelah itu baru build-up mulai dari passing dan sebagainya yang akan dimulai di latihan selanjutnya," lanjut Nova lebih detail.

Nova Arianto saat ini diserahi tugas memimpin 30 pemain Timnas Indonesia U-22 sementara waktu. Sebab, pelatih utama, Indra Sjafri tengah izin mengambil lisensi AFC Pro di Spanyol selama lima hari ke depan.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 Hanya di INDOSPORT.COM