Liga Indonesia

Direkrut Klub Belgia AFC Tubize, Harga Firza Andika Naik Dua Kali Lipat

Sabtu, 26 Januari 2019 11:03 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
AFC Tubize juga sepakat kerja sama dengan Northcliff sebagai bagian kesepakatan transfer Firza Andika Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
AFC Tubize juga sepakat kerja sama dengan Northcliff sebagai bagian kesepakatan transfer Firza Andika

INDOSPORT.COM - Setelah menjalini trial atau uji coba pada akhir tahun 2018 lalu, Firza Andika secara resmi akhirnya diikat kontrak oleh klub Belgia AFC Tubize.

Tak tanggung-tanggung, pemain yang musim lalu di Liga 1 2018 memperkuat PSMS Medan itu akan memperkuat AFC Tubize selama dua musim ke depan.

Bisa melanjutkan karier di kompetisi Eropa, jelas sebuah pencapaian yang luar biasa bagi pemain 19 tahun tersebut. Apa lagi sebenarnya nama Firza Andika belum cukup lama muncul menjadi perbincangan di sepak bola nasional.

Namanya mencuat ketika berhasil mencetak dua gol dalam kemenangan Timnas Indonesia U-19 atas Yordania dalam laga uji coba, 13 Oktober 2018. 

Di tahun 2018 lalu juga, bisa dibilang karier Firza mengalami peningkatan drastis dibandingkan ketika pertama kali bergabung di tim profesional bersama Semen Padang tahun 2015 silam.

Pelonjakan karier tersebut secara langsung juga berimbas pada harga pasar pemain kelahiran Medan itu yang juga mengalami kenaikan yang signifikan.

Mengacu pada data transfermarkt, harga pasar Firza bahkan melonjak dua kali lipat hanya dalam waktu beberapa bulan. Yakni ketika pada Agustus 2018 dirinya masih berharga 50 ribu euro atau sekitar Rp800 juta, dan setelah menjalani trial hingga direkrut AFC Tubize kini, hargannya telah menyentuh angka 100 ribu euro atau sekitar Rp1,6 miliar. 

Dengan kesempatan bermain di Eropa ke depannya, bukan mustahil jika di beberapa bulan mendatang harga pasar Firza Andika semakin meningkat menjadi lebih tinggi lagi.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
60%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
40%