Liga Indonesia

Punya Sejarah Hebat, Persipura Jayapura Justru Belum Punya Museum Klub

Minggu, 27 Januari 2019 15:41 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Isman Fadil
© Sudjarwo/INDOSPORT
Legenda Persipura Jack Komboy. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Legenda Persipura Jack Komboy.

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Persipura Jayapura masih menjadi satu-satunya tim tersukses di Liga Indonesia dengan empat gelar juara, empat kali runner-up dan semifinalis Piala AFC 2014. Namun sayangnya, kisah hebat Persipura itu tak dicagarkan dalam sebuah museum ataupun galeri.

Hal tersebut lantaran tim berjuluk mutiara hitam ini memang belum memiliki sebuah museum ataupun galeri. Padahal, jika melihat klub-klub sepak bola di dunia ataupun sejumlah klub lainnya di Indonesia bahkan punya bangunan museum ataupun galeri sebagai tempat untuk menceritakan tentang kisah perjalanan klub dari masa ke masa.

Dengan begitu, sejarah klub, prestasi dan para legendanya bakal bisa terus dikenang oleh generasi-generasi penerus. Salah satu legenda Persipura, Jack Komboy pun mendukung penuh dengan wacana pembangunan museum ataupun galeri tersebut. Menurutnya, tim sebesar Persipura sudah waktunya punya museum ataupun galeri.

"Galeri atau museum itu sudah seharusnya ada, tapi itu tergantung dengan siapa yang mau memulainya. Persipura ini kan sudah menjadi tim yang sangat besar di indonesia dan selain itu keberadaan museum atau galeri itu juga bisa menceritakan sejarah Persipura hingga masa mendatang," ujar Jack kepada awak portal berita olahraga INDOSPORT.com, Minggu (27/01/19).

Museum ataupun galeri bukan hanya sebagai tempat untuk memamerkan koleksi trofi juara yang dimiliki klub, tapi juga bisa dimanfaatkan dan dikelola sebagai alternatif destinasi wisata bagi para wisatawan.

Apalagi, sejarah klub Persipura pun tak kalah menarik dengan klub-klub sepak bola lainnya, di mana klub ini terbentuk sejak kependudukan Belanda, dan punya sederet nama legenda-legenda hebat hingga menjadi klub tersukses di Indonesia.

Selain dapat menjadi ikon Kota Jayapura, museum atau galeri Persipura pun bisa menambah penghasilan klub, mungkin dengan cara memberlakukan tarif masuk dan menyediakan sebuah ruangan yang dikhususkan sebagai merchandise store atau penjualan souvernir resmi milik klub.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 Hanya di INDOSPORT.COM