Bola Internasional

UEA Ajukan Protes ke AFC, Kelolosan Qatar ke Final Piala Asia 2019 Terancam Batal

Kamis, 31 Januari 2019 16:44 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© twitter
Pemain Qatar Merayakan Golnya di Piala Asia 2019 Copyright: © twitter
Pemain Qatar Merayakan Golnya di Piala Asia 2019

INDOSPORT.COM - Kabar kurang baik menimpa Timnas sepak bola Qatar, di mana skuat arahan Felix Sanchez Bas tersebut terancam mendapat sanksi bahkan kelolosannya ke partai final Piala Asia 2019 terancam dibatalkan. Ada apa?

Melansir dari laman Al Ittihad, disebutkan jika pihak Federasi Sepakbola Uni Emirat Arab (UEA) mengajukan protes kepada Asosiasi Sepakbola Asia (AFC) terkait keabsahan status dua pemain Qatar.

Disebutkan jika UEA merasa keberatan dengan dua penggawa Qatar, Almoez Ali dan Bassam Al-Rawi. Kedua pemain tersebut dinilai belum layak untuk bergabung dengan Timnas Qatar, karena bukan asli lahir di Qatar.

Almoez Ali, yang menjadi topskor sementara dengan delapan gol, merupakan striker berusia 22 tahun kelahiran Sudan. Sementara Al Rawi lahir di Irak pada 21 tahun silam.

Almoez Ali merupakan sosok penting Timnas Qatar dalam perjalanan mereka ke babak final Piala Asia, sedangkan Al Rawi menjadi titik sentral di lini pertahanan The Maroons.

UEA memprotes keabsahan keduanya karena mereka dianggap belum pernah tinggal sedikitnya lima tahun beruntun di Qatar sejak usia 18 tahun sebagai syarat tampil bersama tim nasional negara Asia Barat tersebut, jika merujuk pada aturan FIFA.

Pihak AFC sendiri sudah mengonfirmasi dan menerima protes dari UEA, mereka menyebut akan melakukan tinjauan dengan mempertimbangkan regulasi yang ada dalam statuta mereka.

Jika terbukti bersalah, maka Qatar berpeluang menghadapi sanksi khusus dan kemenangan mereka di semi-final Piala Asia tahun ini bisa dibatalkan di dilimpahkan ke UEA yang sebelumnya ditaklukan di babak Semifinal.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM