Liga Indonesia

Sempat Dipraktekan, Kemenpora Cabut Imbauan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya di Bioskop

Sabtu, 2 Februari 2019 09:54 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Muhammad Nabil/INDOSPORT
Menpora Imam Nahrawi memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Copyright: © Muhammad Nabil/INDOSPORT
Menpora Imam Nahrawi memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

INDOSPORT. COM - Kehebohan terkait imbauan Kemenpora untuk para pengunjung bioskop menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum menonton film, akhirnya telah mereda. Pasalnya kini Kemenpora mencabut juga imbauan tersebut.

Ya, imbauan ini sebelumnya langsung diberikan oleh Menpora, Imam Nahrawi. Ia menandatangani surat imbauan bernomor 1.30.1/MENPORA/I/2019 tentang aktivitas menyayikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum pemutaran film.

Surat imbauan itu ditujukan kepada semua pengelola bioskop di Indonesia. Langkah ini sengaja diambil Menpora demi bisa meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan generasi muda.

"Dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan mewujudkan generasi muda yang bangga serta cinta pada tanah air, dengan ini kami mengimbau kepada para pengelola bioskop di seluruh Indonesia untuk dapat memutarkan sekaligus menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum berlangsungnya setiap pemutaran film," demikian isi surat imbauan itu.

Imam Nahrawi bahkan telah mempraktekannya sendiri imbauan tadi pada Kamis (31/1/19). Kala itu ia menghadiri pemutaran film berjudul Keluarga Cemara di salah satu bioskop bilangan Jakarta Pusat, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya pun terjadi.

"Dalam waktu yang tidak lama sekitar 2,5 menit sebelum menonton, kita menyanyikan Indonesia Raya. Hal itu agar cinta kita kepada Merah Putih, cinta tanah air terus meningkat, apapun kita tetap Indonesia," kata Imam Nahrawi seperti dikutip dari Antara.

Namun surat imbauan tersebut kini akhirnya dicabut juga oleh Kemenpora. Pencabutan dilakukan lantaran adanya beberapa pertimbangan dan potensi kegaduhan di ruangan bioskop.

"Alhamdulillah, surat imbauan tentang menyanyikan lagu Indonesia Raya di setiap jelang pemutaran film di bioskop sudah dicabut," ujar Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto.

"Hal itu atas dasar berbagai pertimbangan dan juga karena resistensi dan kegaduhan yang sangat tinggi. Mohon maaf. Wassalamualaikum," tambah Gatot.

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Sepak Bola hanya di INDOSPORT

2