Liga Inggris

Momen Klasik: Ketika Gawang Manchester United Dijaga 'Kucing'

Senin, 4 Februari 2019 08:30 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© PHIL COLE/GETTY IMAGES
Sir Alex Ferguson meminta Rio Ferdinand mengisi pos kiper Manchester United dalam pertandingan melawan Tottenham Hotspur (4/2/07). Copyright: © PHIL COLE/GETTY IMAGES
Sir Alex Ferguson meminta Rio Ferdinand mengisi pos kiper Manchester United dalam pertandingan melawan Tottenham Hotspur (4/2/07).

INDOSPORT.COM - Posisi kiper di dalam sepak bola membutuhkan keahlian khusus yang terasah berkat latihan keras selama bertahun-tahun. Apa jadinya bila sebuah tim kehilangan kiper di tengah laga akibat cedera, tapi sudah tak bisa lagi melakukan pergantian pemain?

Klub teras Inggris, Manchester United, pernah mengalami situasi ini 12 tahun lalu, tepatnya dalam pertandingan Liga Primer Inggris kontra Tottenham Hotspur, 4 Februari 2007. 

Kubu Setan Merah mesti menerapkan strategi dadakan guna menyiasati ketiadaan Edwin van der Sar yang menderita patah hidung usai berbenturan keras dengan striker lawan, Robbie Keane, pada menit ke-81.

Kiper alternatif, Tomas Kuszczak, barangkali tersedia di bangku cadangan, tapi pasukan Sir Alex Ferguson sudah kadung menghabiskan jatah pergantian pemain. Dia perlu memikirkan cara lain.

Setelah berdiskusi dengan asisten dan kapten tim, Gary Neville, Ferguson lantas memanggil Rio Ferdinand dan memberinya tugas dadakan mengawal gawang Man United dari serbuan Tottenham di sisa waktu pertandingan.

48