Liga Inggris

On This Day: Tragedi Munich 1958, Titik Awal Persahabatan Manchester United dan Real Madrid

Rabu, 6 Februari 2019 12:12 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Daily Mail
Merchandise Tragedi Munich yang diberikan secara gratis oleh Manchester United. Copyright: © Daily Mail
Merchandise Tragedi Munich yang diberikan secara gratis oleh Manchester United.

INDOSPORT. COM - David Beckham, Ruud Van Nistelrooy, Gabriel Heinze, dan Cristiano Ronaldo, empat nama itu merupakan pemain-pemain Manchester United yang memutuskan untuk hijrah ke Real Madrid.

Pola transfer pemain dari Manchester United ke Real Madrid ini terbilang sudah menjadi sebuah kebiasaan tersendiri dalam jagat sepak bola Eropa. Mengapa?

Mungkin jawabannya bisa terungkap pada kejadian tragedi Muncih 1958 lalu. Tragedi pesawat jatuh yang menewaskan sejumlah pemain Manchester United itu, ibarat menjadi titik awal keakraban Real Madrid dengan publik Old Trafford.

Kala itu, tragedi Munich 1958 memang benar-benar membuat Manchester United hancur berantakan. Setidaknya ada delapan pemain Setan Merah yang meninggal dunia akibat insiden pesawat jatuh tersebut, yakni Roger Bryne, Mark Jones, Duncan Edwards, Tommy Taylor, Eddie Colman, Liam Whelan, David Pegg, dan Geoff Bent.

Padahal sebelum penerbangan dilakukan, Manchester United baru saja meraih kemenangan atas Red Star Belgrade di laga perempat final Liga Champions. Kecelakaan pun lantas meruntuhkan mental bertanding skuat Manchester United yang tersisa.

Soal keuangan juga bernasib sama, Manchester United dilanda krisis parah. Faktor ini jelas membuat Manchester United kesulitan untuk membangun kekuatannya lagi.

Segala kemalangan Manchester United itulah yang membuat Real Madrid bisa mengambil peran. Real Madrid memberikan banyak bantuan untuk membangun kembali kekuatan Manchester United.

143