Liga Inggris

Momen Klasik: Hattrick Ganda Striker Legendaris Manchester United

Kamis, 7 Februari 2019 12:00 WIB
Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Cristiano Ronaldo, Dimitar Berbatov, Lionel Messi, Miroslav Klose, dan Radamel Falcao, adalah sederet nama beken yang sempat menebar sensasi berupa quintrick alias menceploskan lima gol dalam satu pertandingan.

Bukan perkara mudah mencetak quintrick di liga top Eropa mengingat cuma segelintir pemain yang pernah merasakan momen semacam ini. Semakin langka lagi bila mencari pengukir double hattrick atau enam gol dalam satu laga.

Di Inggris, hattrick ganda muncul pada Putaran V Piala FA 1969/70, tepatnya duel Northampton Town versus Manchester United. Pelakunya adalah striker flamboyan nan legendaris Setan Merah, George Best.

Striker berkebangsaan Irlandia Utara itu tampil kesetanan. Dia seolah melampiaskan kekesalan selepas menyelesaikan masa suspensi selama empat pekan akibat menendang bola dari tangan wasit ketika timnya menyerah 0-4 dari seteru sekota, Manchester City di liga.

Best mengawali pesta Man United malam itu dengan menyarangkan sepasang gol pada babak pertama via tandukan jarak dekat dan sepakan ringan menyambut operan jauh akurat Paddy 'Pat' Crerand, sedangkan empat lainnya tercipta usai turun minum.

Keunggulan Man United semakin besar berkat sumbangsih dua gol Brian Kidd. Northampton hanya bisa membalas dua kali lewat aksi Dixie McNeil dan Frank Large. Skor akhir 8-2 untuk kemenangan kubu tamu.

Mimpi buruk bagi pendukung Northampton? Tidak juga. Surat kabar Daily Mirror memberitakan bahwa publik County Ground justru menikmati sajian berkelas Best, bahkan memberikan aplaus kepada yang bersangkutan pada akhir laga.

"George Best menghancurkan Northampton malam itu. Dia membuktikan bahwa seseorang bisa menghancurkan sesuatu tanpa menimbulkan kerusakan fisik," sebut Daily Mirror kala itu.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Internasional dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM