Liga Indonesia

Soal Satgas Anti Mafia Bola, Sesmenpora: PSSI Jangan Coba-coba Lapor FIFA!

Kamis, 7 Februari 2019 16:47 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Humas Kemenpora
Pemeriksaan Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto oleh Satgas Anti Mafia Bola Indonesia. Copyright: © Humas Kemenpora
Pemeriksaan Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto oleh Satgas Anti Mafia Bola Indonesia.

INDOSPORT.COM - Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto menilai apa yang dilakukan Satgas Anti Mafia Bola bukanlah bentuk intervensi pemerintah terhadap PSSI. Dengan begitu Gatot menegaskan PSSI jangan coba-coba melapor FIFA.

Satgas Antia Mafia Bola memang tengah bergerak membersihkan dugaan banyaknya mafia dan pengaturan skor di dalam kancah sepak bola Indonesia.

Bahkan dalam perjalanannya Satgas telah menetapkan sekitar 10 orang tersangka dalam praktik hitam dalam dunia sepak bola ini. 

Terkait apa yang dilakukan Satgas, Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menilai bukanlah bentuk intervensi pemerintah. Sehingga dia merasa tidak sepak bola Indonesia masih aman dari hukuman FIFA.

Seperti diketahui FIFA memang melarang adanya intervensi pemerintah terhadap federasi sepak bola suatu negara yang menjadi anggotanya. FIFA sempat memberikan sanksi berupa suspend kepada Indonesia ketika Menpora membekukan PSSI tahun 2015 silam.

"Ini bukan intervensi negara. Saya igatkan ke PSSI jangan coba-coba laporkan ke FIFA, ini pelanggaran intervensi, Tidak!" ucap Gatot di Gedung Ombusdman Kuningan Jakarta Selatan.

Namun Gatot yakin PSSI tidak melakukan itu. Sebab dia melihat induk federasi sepak bola Indonesia ini cukup koperatif dengan Satgas.

"Kita tahu bahkan pernyataan Sekjen dan Plt Ketum PSSI, mereka membatu sepenuhnya kerja Satgas. Bahkan saya tahu dari media akan ada MOu PSSI dengan kepolisian," tambah Gatot..

"Jangan sampai ada pemeriksan mafia nanti dilaporkan ke FIFA. Saya positif PSSI tak akan melaporkan," tutupnya.

259