Bola Internasional

Kiblat Jerman Sebagai Negara Produksi Pemain Muda Bertalenta Tergeser oleh Inggris

Sabtu, 9 Februari 2019 14:32 WIB
Editor: Isman Fadil
© Ronny Hartmann/Getty Images
Wonderkid Manchester City, Jadon Sancho. Copyright: © Ronny Hartmann/Getty Images
Wonderkid Manchester City, Jadon Sancho.

INDOSPORT.COM - Dalam beberapa tahun terakhir, produktivitas klub-klub Jerman dalam mengorbitkan para pemain muda bertalenta dengan kualitas jempolan bisa dibilang mulai minim.

Hal itu diungkap oleh Direktur teknik Borussia Dortmund, Michael Zorc. Ia mengatakan posisi Jerman sebagai kiblat pemain muda berkualitas kini mulai tergeser oleh Inggris.

Kepindahan Jadon Sancho ke Dortmund dari Manchester City pada musim panas 2017 lalu, adalah buktinya. Padahal dalam beberapa musim lalu, banyak klub-klub Premier League yang mencari bakat muda Jerman untuk diangkut ke Inggris.

"Kita lihat ke lima atau 10 tahun lalu, banyak klub Inggris merekrut pemain Jerman dan memiliki tim pencari bakat untuk melakukannya," kata Zorc kepada Sky Sports.

"Ada banyak diskusi di sini, 'semua tentang uang, terlalu dini bagi mereka untuk pergi dari Jerman ke Inggris'. Namun di sisi lain jujur kami merasa bahwa pendidikan dan pengembangan pemain muda di akademi Inggris cukup bagus," tambahnya.

"Ketika Anda melihat akademi pemain muda ini, contohnya milik Manchester City, Anda tak bisa membandingkannya dengan standar Jerman. Mereka lebih tinggi," ungkapnya.

Jadon Sancho yang berposisi sebagai winger sendiri tampil cukup mengesankan bersama Die Borussian di Bundesliga. Musim ini, ia tampil sebanyak 20 pertandingan, dan sudah mencetak enam gol serta 10 assist.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Internasional Hanya di INDOSPORT.COM

548