Liga Indonesia

Klub Sekota Ini ‘Kompak’ Berganti Nama di Musim 2019, Perseru Menyusul?

Minggu, 10 Februari 2019 07:10 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Isman Fadil
© Wildan Hamdani/INDOSPORT
Skor akhir 2-4 untuk Bogor FC. Copyright: © Wildan Hamdani/INDOSPORT
Skor akhir 2-4 untuk Bogor FC.

INDOSPORT.COM – Kabar pengunduran diri Perseru Serui dari kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia mengejutkan banyak pihak.

Perseru Serui dikenal sebagai klub yang pantang menyerah. Dua musim berturut-turut klub berjuluk Cendrawasih Jingga itu selalu selamat dari jeratan degradasi di pekan terakhir.

Tak khayal, banyak pecinta sepak bola Indonesia yang menyayangkan kepergian Perseru Serui dari Liga 1. Menurut kabar yang diunggah akun Twitter @kotaserui, Perseru Serui mundur lantaran alasan finansial dan tidak adanya sponsor.

Hingga kini, belum ada kabar lebih lanjut terkait masa depan Perseru Serui, apakah akan merger dengan klub lain, turun kasta ke divisi yang lebih rendah, atau kemungkinan yang lain.

Melihat pengalaman klub-klub Indonesia sebelumnya, akuisisi menjadi salah satu solusi mengatasi krisis. Namun demikian, akuisisi berdampak pada ‘penjualan’ nama dan identitas daerah.

Di sisi lain, ada klub-klub sepak bola Indonesia yang berganti nama pada musim 2019 nanti. Menariknya, mereka berdomisili di kota yang sama! Ya, Bogor.

Mereka seakan ‘kompak’ karena secara tidak langsung berasal dari kota yang sama dan bermarkas di stadion yang berdekatan. Namun demikian, latar pergantian nama mereka memiliki perbedaan.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT.com mengulasnya untuk Anda.