Liga Indonesia

Gusti Randa Cari Titik Terang Kasus Marko Simic

Jumat, 15 Februari 2019 11:13 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
© Fitra Herdian/Indosport
Gusti Randa dalam kongres PSSI 2019 Copyright: © Fitra Herdian/Indosport
Gusti Randa dalam kongres PSSI 2019

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta telah menunjuk Gusti Randa sebagai pendamping hukum Marko Simic yang tersandung masalah. Pasca ditunjuk, Gusti Randa akhirnya angkat bicara.

Pria yang juga anggota Exco PSSI ini langsung menelaah duduk perkara kejadian. Gusti tengah mencari cara agar permasalahan Simic ini dapat diselesaikan dengan hukum Indonesia. Mengingat kejadian perkara terjadi di wilayah udara Indonesia.

"Pertama kita harus meletakkan persoalan di atas praduga tak bersalah. Kedua, kita harus masuk dalam koridor tata hukum internasional," ucap Gusti Randa.

"Melihat dari locus delictinya, locus delictinya Simic ini meskipun bukan warga negara Indonesia (WNI), TKP-nya adalah di penerbangan Garuda Indonesia. Secara hukum Indonesia, maka di atas penerbangan Garuda Indonesia, di atas pelayaran yang berbendera Indonesia maka berlaku hukum atau yurisdiksi Inndonesia," jelas ia.

Gusti menambahkan, bahwa ia saat ini masih terus mengumpulkan informasi terkait kasus Simic. Dia mau semua duduk perkara yang menimpa striker asal Kroasia ini dapat tergambar jelas.

"Sekarang ini, ditangani oleh Australia. Kami belum tau sejauh mana penanganan ini. Yang kami tau informasinya bahwa sudah ada sidang tingkat pertama dan ada sidang lagi tanggal 9 April."

"Untuk itu, berikan ruang pada kami selaku kuasa hukum dari Persija untuk mengumpulkan beberapa bukti. Misalnya Simic ini dari paspor Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS). Lalu menghubungi konjen-konjen kita, Garuda Indonesai juga. Sehingga terang dulu perkaranya," tutup Gusti.

Seperti diketahui Simic diduga melakukan tindakan asusila. Kejadian itu terjadi dalam perjalanan Persija dari Bali menuju Australia dalam rangka menantang wakil Australia Newcastle Jets di Liga Champions Asia beberapa waktu lalu.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 Hanya di INDOSPORT.COM

114