In-depth

Jelang AFF U-22, Mari Mengenang Duel Terdramatis Malaysia vs Indonesia di Piala Tiger 2004

Jumat, 15 Februari 2019 16:00 WIB
Editor: Coro Mountana
© INDOSPORT
Malaysia vs Indonesia di Piala Tiger 2004 Copyright: © INDOSPORT
Malaysia vs Indonesia di Piala Tiger 2004

INDOSPORT.COM – Tak terasa sebentar lagi Piala AFF U-22 2019 akan segera dimulai di Kamboja pada 17 Februari. Salah satu musuh besar Timnas Indonesia yaitu Malaysia ternyata tergabung dalam grup yang sama yaitu grup B, tentu itu akan menjadi duel klasik yang patut ditunggu.

Namun sebelum menyaksikan duel panas antara Timnas Indonesia vs Malaysia di Piala AFF U-22, ada baiknya untuk melihat kembali duel terdramatis antar dua negara itu di tahun 2004. Kala itu kedua tim bertemu di semifinal Piala Tiger dan terjadilah duel terdramatis di Kuala Lumpur.

Timnas Indonesia sendiri datang ke ajang sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara, Piala Tiger 2004 (sekarang ganti nama jadi Piala AFF) dengan semangat baru. Pasalnya Timnas Indonesia ditangani oleh pelatih yang membawa Thailand menjadi juara Piala Tiger 2000 dan 2002 yaitu Peter White.

© INTERNET
Peter White dan Boaz Solossa. Copyright: INTERNETPeter White dan Boaz Solossa.

Oleh karena itu, ada semangat baru jika Peter White dapat membawa Timnas Indonesia menjadi juara Piala Tiger untuk pertama kalinya. Peter White merespons keinginan masyarakat Indonesia untuk menjadi juara dengan kebijakan yang sangat tak lazim.

Kebijakan itu adalah memainkan sejumlah pemain muda pada saat itu, Peter White berkilah ingin membangun fondasi Timnas Indonesia. Alhasil sejumlah pemain muda seperti Boaz Solossa (18 tahun), Syamsul Bachri (21 tahun), Hamka Hamzah (20), dan Firman Utina (22) coba diorbitkan.

Siapa sangka, permainan Timnas Indonesia dengan sejumlah pemain muda dan pelatih barunya justru benar-benar mampu tampil meyakinkan. Bayangkan Timnas Indonesia mampu menjadi juara grup A dengan tanpa kebobolan termasuk, menggasak Vietnam di Hanoi dengan skor 3-0.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%