Liga Italia

Mengintip Gaji Fantastis Wasit Sepak Bola di Italia

Senin, 18 Februari 2019 08:41 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COMWasit-wasit Liga Italia merupakan sosok yang kualitasnya sudah tak bisa dipertanyakan lagi, dan bahkan mereka sering diberi mandat penting untuk menjadi hakim dalam turnamen bergengsi.

Meski bukan seorang atlet, namun seorang wasit ternyata memiliki penghasilan yang terbilang fantastis sesuai dengan kualitas yang mereka miliki, termasuk di Liga Italia.

Dikutip dari laman berita sport Brevenews, untuk setiap pertandingan Serie A Italia, wasit utama meraup bayaran senilai 3.800 euro atau setara Rp60 juta dan asisten wasit dibayar Rp16 juta per laga, sedangkan untuk ofisial pertandingan keempat digaji Rp8 juta per partai.

Kini Video Assistant Referee (VAR) telah menjadi tren untuk memperketat dan mempermudah kinerja wasit dengan menggunakan teknologi canggih ini. Sehingga, wasit yang bekerja mengawasi VAR juga mendapatkan bayaran yang tinggi pula.

Wasit utama VAR akan menerima bayaran sebesar 1.500 euro atau Rp24 juta per laga, sedangkan asistennya digaji Rp11 juta untuk setiap partainya.

Selain itu, untuk pertandingan bergengsi seperti Coppa Italia, nilai yang didapatkan akan berbeda karena sesuai dengan babak yang mereka pimpin. Di babak pertama, wasit akan dibayar Rp16 juta per partai, perempatfinal Rp24 juta, semifinal Rp40 juta, dan final dihargai Rp60 juta.

Salah satu wasit yang sukses di Liga Italia adalah Nicola Rizzoli, di mana ia mendapatkan bayaran sebesar Rp3,2 miliar per tahun. Sedangkan dua asistennya, Gabriele Gava dan Andrea Stevani, mendapatkan gaji Rp720 juta setiap tahunnya. Nilai yang menggiurkan bukan?

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Italia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%