Liga Indonesia

Inikah 2 Pertandingan Liga 1 yang Diduga Terkena Match Fixing? Berikut Kejanggalannya

Rabu, 20 Februari 2019 21:05 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Ilustrasi logo Liga 1 2019. Copyright: © INDOSPORT
Ilustrasi logo Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Fakta baru kembali terkuak dalam saga pengaturan skor di sepak bola Indonesia. 

Dalam acara talk show Mata Najwa bertema "PSSI Bisa Apa Jilid 4: Darurat Sepak Bola", seorang perangkat pertandingan yang disamarkan namanya memberikan pengakuan di hadapan Najwa Shihab dalam sebuah wawancara eksklusif. 

Menurut perangkat pertandingan yang disamarkan nama dan suaranya tersebut, hampir semua pertandingan di Liga 1 ada "permainan".

“Itu bukan rahasia umum lagi bahwa setiap pertandingan ada permainan. Tapi tidak semuanya sih, bahwa ada beberapa klub yang tidak bermain. Perangkat permainan datang, dijanjikan kalau menang dapat sekian,” ujar Sang Perangkat Pertandingan yang sengaja tak disebutkan namanya.

Sang Perangkat Pertandingan yang disamarkan nama dan suaranya itu pun memberi contoh dua laga yang telah diatur. Dua laga itu adalah Arema FC vs Borneo FC dan Borneo vs PSM Makassar.

Menurut Sang Perangkat Pertandingan, seorang oknum PSSI berinisial IB memerintahkan agar wasit memberikan kemenangan bagi Arema FC. 

"(Dugaan pengaturan skor) Liga 1 pertandingan antara Arema dan Borneo pada 2018. Exco yang terlibat inisial IB, memerintahkan wasit agar memenangkan Arema. Minimal draw. Imbalannya Rp20 juta atau Rp25 juta," pengakuan Sang Perangkat Pertandingan.

Selain itu, di laga Borneo FC vs PSM, menurut sang perangkat pertandingan, seorang Exco berinisial YN menhubungi Komite Wasit untuk memberikan kemenangan kepada Borneo FC dengan imbalan Rp70 juta yang dibagi ke perangkat pertandingan. 

"Borneo lawan PSM Makassar, diharuskan supaya Borneo menang. Exco yang telepon ke salah satu komite wasit, inisial YN. Komite wasit telepon wasit. Waktu itu Borneo menang. Imbalannya Rp70 juta," ujar pengakuan perangkat pertandingan tersebut.

Namun sebuah kejanggalan terjadi dari Sang Perangkat Pertandingan dalam acara Mata Najwa tersebut. Pasalnya, pada laga terakhir yang mempertemukan Arema FC dan Borneo FC, terjadi pada Sabtu (11/08/18) yang mana berakhir dengan skor imbang 2-2.

Terakhir kali Arema FC berhasil memenangkan pertandingan melawan Borneo FC terjadi pada Piala Presiden 2017, tepatnya Minggu (12/03/17). Kala itu, Arema berhasil mengalahkan Borneo FC dengan skor 5-1.

Begitu pula dengan laga antara Borneo FC dan PSM Makassar. Pada pertandingan terakhir kedua klub tersebut, PSM Makassar berhasil memenangkan laga dengan skor 2-1 pada laga Liga 1 2018, Jumat (19/10/18).

Terakhir kali Borneo FC berhasil mengalahkan PSM Makassar terjadi pada Minggu (08/10/17) dalam Liga 1 2017 dengan skor 3-2.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
25%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
13%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
13%