Liga Indonesia

Ini Kerugian Wasit Indonesia Jika Menolak Tawaran Mengguirkan Mafia Sepak Bola

Kamis, 21 Februari 2019 06:06 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ilustrasi wasit di sepak bola Indonesia. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ilustrasi wasit di sepak bola Indonesia.

INDOSPORT.COM – Sudah tidak menjadi rahasia umum jika wasit telah menjadi bagian dari mafia dalam kasus pengaturan skor di persepakbolaan Indonesia.

Hal tersebut terbukti ketika beberapa sang pengadil lapangan yang bertugas di kasta bawah sepak bola Indonesia telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Satgas Antimafia Bola.

Salah satu perangkat pertandingan yang tak ingin disebutkan namanya tersebut membocorkan mengapa wasit mau menerima tawaran dari mafia-mafia sepak bola. Itu ia ungkapkan di acara Mata Najwa.

Menurutnya, sang pengadil lapangan mau tidak mau menerima uang haram tersebut karena alasan tertentu. Selain karena gaji yang kerap kali terlambat, namun ada hal lain yang memaksa mereka tak bertugas jujur.

“Kalau wasit ini kan kalau tidak mau nurut, dia pertandingannya akan sedikit. Harus mau, kalau gak nurut, ya gak nugas,” ujar salah satu perangkat pertandingan.

 Dengan begitu, wasit tentunya akan takut jika tidak diberikan kesempatan untuk tidak memimpin pertandingan. Karena penghasilan mereka tentunya akan berkurang.

Apalagi, bayaran wasit di Indonesia terbilang masih belum terlalu tinggi. Artinya, sang pengadil bisa dikatakan belum mendapatkan kesejahteraan finansial.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM