Liga Indonesia

Ajukan Naturalisasi, Kiper Barito Putera Tak Mau Jadi WNI Model Kaleng-Kaleng

Minggu, 24 Februari 2019 20:30 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Kiper Barito Putera, Yoo Jae-hoon. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Kiper Barito Putera, Yoo Jae-hoon.

INDOSPORT.COM - Program naturalisasi makin ramai menyasar sejumlah pesepak bola. Dengan motivasi yang berbeda-beda, legiun asing dari berbagai negara yang merumput di tanah air kini berlomba meraih status WNI.

Otavio Dutra menjadi pemain paling aktual meski diketahui proses naturalisasi belum rampung sepenuhnya. Dia kini dipanggil Simon McMenemy membela tim nasional Indonesia dan akan segera diikuti oleh Yoo Jae Hoon memang sudah terlebih dulu mengajukan proses serupa.

"Sudah diajukan sejak 2017, tapi,ada miskomunikasi dengan manajemen Mitra Kukar sehingga proses naturalisasi saya tertunda," papar Yoo kepada INDOSPORT di sela kesibukannya menjalani pemusatan latihan Barito Putera di Kota Batu, Jawa Timur.

Penjaga gawang kelahiran Korea Selatan itu pun tak ingin berstatus WNI dengan model kaleng-kaleng seperti pemain naturalisasi lain yang belakangan hilang ditelan waktu pasca-mendapatkan status WNI.

"Saya memang ingin naturalisasi, tapi bukan yang kaleng-kaleng. Saya tak tahu lagi para pemain naturalisasi lainnya yang sekarang ada di mana," ungkap Yoo.

Meski sempat tertunda, Yoo kini begitu yakin pengajuan berganti paspor itu akan segera selesai pada pertengahan tahun ini. Segala macam persyaratan administrasi sudah disanggupinya plus bantuan dari manajemen Barito Putera selaku klubnya musim ini.

"Target saya itu sudah punya KTP (Kartu Tanda Penduduk) Indonesia sebelum dimulainya kompetisi Liga 1," tandas Yoo dengan Bahasa Indonesia yang fasih berlogat Papua.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak bola Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%