Liga Indonesia

Penjelasan Kemenpora Terkait Proses Naturalisasi Otavio Dutra

Minggu, 24 Februari 2019 18:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Sesmenpora, Gatot Dewa Baroto, saat dijumpai di Hotel Fairmont. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Sesmenpora, Gatot Dewa Baroto, saat dijumpai di Hotel Fairmont.

INDOSPORT.COM - Bek Persebaya Surabaya, Otavia Dutra, belum lama ini menemui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, untuk meminta izin melakukan proses naturalisasi. Dutra memiliki keinginan kuat menjadi WNI lantaran sudah cinta dengan Indonesia, Persebaya, dan juga Bonek.

Mengenai proses naturaliasi itu, Sekretaris Menpora (Sesmenpora) Gatot S. Dewa Broto lantas memberikan penjelasan. Ia mengatakan sempat bertemu Dutra dan memang ada pengajuan dari pihak Persebaya terkait keinginan naturalisasi sang pemain.

"Iya sempat ke ruangan saya waktu itu bersama pelatih tim nasional, Simon McMenemy. Kami akui memang ada pengajuan dari pihak Persebaya kepada pak Menteri. Mereka ingin proses itu bisa segera rampung dan Dutra resmi dinaturalisasi," jelas Gatot.

Kemenpora juga siap membuka pintu lebar-lebar untuk membantu proses naturalisasi Dutra. Gatot menyatakan pihaknya akan berusaha keras mewujudkan keinginan pemain berpaspor Brasil itu, asalkan telah memenuhi semua persyaratan yang ditentukan.

"Pada prinsipnya kami memberi arahan berdasarkan ketentuan, pasti akan kami fasilitasi. Prosedurnya itu apakah sudah ada surat dari PSSI, kemudian apakah ada rekam jejak prestasinya. Kalau sudah oke semua, kami akan kirimkan berkasnya ke Kemenkumham," tutur Gatot.

Meski proses naturalusasinya belum selesai. Dutra telah mendapat kejutan berupa panggilan ke tim nasional Indonesia dari pelatih Simon McMenemy untuk mengikuti pemusatan latihan jelang laga uji coba internasional melawan Myanmar pada Maret nanti.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak bola Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT