Liga Indonesia

Dampak Masalah PSSI Bisa Buat Kompetisi Daerah Tak Lagi Berjalan

Selasa, 26 Februari 2019 06:33 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Logo PSSI. Copyright: © INDOSPORT
Logo PSSI.

INDOSPORT.COM - Kasus pengaturan skor yang kini menjerat beberapa pengurus pusat federasi sepak bola Indonesia, PSSI, menimbulkan kekhawatiran beberapa pihak. 

Salah satunya Forum Pembina Sekolah Sepak Bola Indonesia (SSB) Sumatera Selatan. Diutarakan Bendahara Forum Pembina SSB Indonesia Provinsi Sumsel, Alfarizi Arma, khawatir kasus tersebut akan berdampak pada pembinaan atlet-atlet di daerah.

"Gerakan program pembinaan ini dimulai dari tingkat pusat, tapi jika di tingkat pusat pengurusnya kacau, ya kami khawatir banyak program-program yang bakal tidak jalan," kata Alfarizi, seperti dilansir Antara.

Kekhawatiran Alfarizi  bukan tanpa sebab, karena bersama Kemenpora, PSSI merupakan satu-satunya pihak yang aktif menggelar kompetisi di daerah.

Ia mengatakan sejauh ini kompetisi sepak bola di tingkat daerah hanya digelar oleh pemerintah melalui Kemenpora dan PSSI.

Kemenpora dengan kompetisi U-12, U-14, U-16, dan Liga Mahasiswa yang hanya satu kali dalam satu tahun. Kemudian PSSI menggelar kompetisi U-15 dan U-17 serta Piala Suratin yang juga satu tahun sekali.

Dengan adanya kasus ini, Alfarizi mengkhawatirkan nantinya kompetisi yang menjadi ranah PSSI menjadi terbengkalai dan tidak ada kepastian.

22