Bola Internasional

Terlibat Match Fixing, Wasit Ini Terima Hukuman Berat dari FIFA

Rabu, 27 Februari 2019 11:15 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
LOGO FIFA. Copyright: © INDOSPORT
LOGO FIFA.

INDOSPORT.COM - Wasit Oden Charles Mbaga asal Tanzania dijatuhi sanksi berat oleh FIFA berupa larangan bertugas seumur hidup plus denda sebesar 200.000 franc Swiss (sekitar 2,7 miliar rupiah) akibat menerima suap dan memanipulasi pertandingan sepak bola. 

Dilansir Reuters, penyelidikan komite etik FIFA pada Juli 2018 telah menemukan sebuah pelanggaran kode etik. Selain itu, Mbaga juga diduga menerima suap untuk mengatur beberapa pertandingan nasional dan internasional dalam rentang waktu 2009-2012. 

Kendati demikian, FIFA sendiri tidak membeberkan pernyataan lebih detail terkait pertandingan. Mbaga yang sedang berada di Dar es Salaam (ibu kota Tanzania) merasa terkejut mendengar kasus yang telah menyeret namanya. 

Dirinya pun mengungkapkan pernah diperiksa oleh FIFA pada 2010, namun tak mendengar kabar kelanjutannya sejak saat itu. Dia juga mengaku tidak tahu apa-apa soal pengaturan pertandingan. 

"Sungguh berita yang mengejutkan. Saya tidak tahu apa-apa tentang putusan larangan berpartisipasi dalam aktivitas sepak bola seumur hidup. Saya benar-benar tidak tahu," ujar Mbaga.

"Saya tahu FIFA sedang melakukan penyelidikan dan terakhir kali mereka datang untuk mewawancarai saya tentang masalah ini adalah pada 2010," ucapnya. 

"Saya memberi tahu mereka secara terbuka bahwa saya tidak tahu apa-apa tentang pengaturan pertandingan. Saya juga tidak pernah mendengar apa pun dari mereka sejak saat itu," paparnya lagi..

Pengaturan skor seringkali diatur oleh sindikat taruhan yang menyuap pemain atau ofisial untuk memalsukan hasil pertandingan. Nantinya para pelaku akan memperoleh uang dengan mempertaruhkan hasilnya secara benar. 

FIFA memaparkan Mbaga sebagai wasit yang berhubungan dengan Federasi Sepakbola Tanzania. Larangan itu berlaku untuk semua kegiatan yang berhubungan dengan sepak bola, baik administrasi, olahraga, atau aktivitas lainnya di tingkat nasional dan internasional.

Sebagai informasi, mantan wasit internasional Ibrahim Chaibou dari Nigeria juga mendapat hukuman yang sama usai dinyatakan bersalah karena menerima suap sebulan silam.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak bola Internasional dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

Penulis: Neneng Astrianti

289