Bola Internasional

Penelitian Ilmiah Buktikan Ronaldo Lebih Baik dari Neymar dan Suarez

Sabtu, 2 Maret 2019 11:15 WIB
Penulis: Riski Francisko | Editor: Indra Citra Sena
© Getty Images
Cristiano Ronaldo memamerkan prestasinya sudah menjuarai Liga Champions lima kali. Copyright: © Getty Images
Cristiano Ronaldo memamerkan prestasinya sudah menjuarai Liga Champions lima kali.

INDOSPORT.COM - Kemampuan luar biasa Cristiano Ronaldo di dunia sepak bola mengundang Universitas KU Leuven untuk melakukan penelitian ilmiah. Hasilnya, kapten Potugal itu dinilai lebih baik daripada Neymar Jr. dan Luis Suarez.

Universitas tersebut telah bekerja sama dengan perusahaan SciSports. Riset ini bertujuan menganalisa reaksi para pemain dalam menghadapi tekanan dalam pertandingan.

Tak tanggung-tanggung, penelitian yang telah dipresentasikan di Konferensi Olahraga dan Analitik di Boston, Amerika Serikat, ini telah dilangsungkan dalam 7.000 pertandingan di tujuh kompetisi berbeda. Banyak pesepak bola yang menjadi subjek dalam penelitian ini, termasuk Ronaldo, Neymar, Sergio Aguero, dan Suarez.

Seorang penelitinya, Jesse Davis, seperti dilansir Calciomercato, menjelaskan bahwa pihaknya menggunakan satu mesin yang bisa mengukur jumlah tekanan mental pemain saat sedang menguasai bola.  

Misalnya, jika seorang pemain sedang menguasai bola kemudian dijaga ketat oleh lawan di menit akhir laga, biasanya sang pemain akan memilih untuk berusaha menembak ketimbang mencoba untuk melewati lawannya.

Di sinilah tugas mesin itu bekerja. Mesin akan menganalisa apakah keputusan tersebut merupakan pilihan yang tepat. Analisa juga berlanjut pada bagaimana reaksi pemain jika tendangan berhasil mencapai sasaran alias gol.

“Skenario yang ideal adalah para pemain harusnya bisa menunjukkan performa yang stabil terlepas dari banyaknya tekanan yang ia peroleh,” ujar peneliti lainnya, Jan van Haaren, dikutip dari Calciomercato.

“Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Cristiano Ronaldo tak merasakan tekanan saat dijegal lawan. Performanya sangat stabil, sedangkan Neymar membuat keputusan yang lebih buruk jika ditekan lawan. Aguero sama seperti Ronaldo, dan Suarez sama dengan Neymar,” terangnya.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan adanya perbedaan tingkat penguasaan tekanan saat mereka bermain di kandang dan tandang. Namun, hasilnya tetap sama, megabintang Juventus itu masih lebih baik daripada Neymar dan Suarez.

TerusIkuti Berita Sepak bola Internasional dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%