Liga Indonesia

Ponaryo Bocorkan Tips Hidup Sehat hingga Cara Tembus Timnas Indonesia

Sabtu, 2 Maret 2019 18:21 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Neneng Astrianti/INDOSPORT
Tim pencari bakat di Milo Football Championship, Ponaryo Astaman Copyright: © Neneng Astrianti/INDOSPORT
Tim pencari bakat di Milo Football Championship, Ponaryo Astaman

INDOSPORT.COM - Legenda sepak bola Indonesia Ponaryo Astaman membeberkan resep hidup sehat sekaligus cara agar dapat menembus Timnas Indonesia pada konferensi pers MILO Football Championship 2019, Sabtu (02/03/19) di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. 

Mantan kapten Timnas Indonesia ini mengatakan bahwa selain mengkonsumsi makanan yang tentunya bernutrisi dan rendah gula, sarapan ternyata menjadi hal penting sebelum memulai aktivitas.

"Makanan tentunya yang menunjang untuk bisa bertenaga dan berprestasi. Seperti karbohidrat kita bisa dapatkan dari umbi-umbian. Dan perlu diantisipasi, Indonesia menjadi penderita kategori diabetes mellitus cukup tinggi jadi gimana caranya tetap makan yang mengandung karbohidrat kompleks dan rendah gula," paparnya.

"Sarapan itu penting sebelum memulai aktivitas dan ini bukan hanya untuk anak didik tapi juga harus dimengerti orang tuanya. Agar orang tua pun tidak melewatkan sarapan untuk anak dan dirinya," tambah Ponaryo.

Selain itu, General Manager APPI tersebut menjelaskan pula kepada awak media mengenai cara agar dapat ikut tim  sepak bola nasional Indonesia.  

"Ya tentunya berlatih salah satu faktor yang penting, tapi untuk menunjang bagaimana bisa sukses dengan ikut sebuah program grass root atau pelatihan seperti yang sekarang ini yaitu salah satunya yang sedang dikembangkan oleh PSSI melalui program filosofi Filanesia," ujarnya.

Ia juga menjelaskan jika program pelatihan tersebut berguna agar sedari kecil, khususnya anak usia di bawah 12 tahun sudah memiliki arah yang jelas dalam proses latihannya, tidak berantakan dan latihannya pun terstruktur.

Kendati demikian, menurut Ponaryo sendiri grass root ini tetap harus diseragamkan melalui sebuah satu filosofi dan juga gerakan dari Kemenpora "Ayo Olahraga" guna bersinergi satu sama lain dengan gerakkan yang digalakkan oleh federasi PSSI. 

Penulis: Neneng Astrianti

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%