Liga Indonesia

Seperti Tradisi, PSM Makassar Anggap Piala Presiden sebagai Ajang Uji Coba

Selasa, 5 Maret 2019 14:57 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Rafif Rahedian
© Ronald Seger Prabowo/Indosport.com
Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic saat preskon. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/Indosport.com
Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic saat preskon.

INDOSPORT.COM – Tak jauh beda dengan dua tahun terakhir, pada musim ini PSM Makassar kembali jadikan turnamen Piala Presiden 2019 sebagai ajang uji coba.

Alih-alih fokus mengejar hadiah fantastis sebesar Rp3.5 miliar. PSM Makassar tampaknya akan kembali menurunkan pemain-pemain lapis kedua di turnamen Piala Presiden 2019.

"Kami sedikit sibuk dengan persiapan Piala Presiden 2019. Karena kami juga bermain di AFC Cup," ujar pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, Selasa (05/03/19).

Darije juga mengatakan bahwa dirinya akan lebih memprioritaskan pemain lapis kedua atau pemain-pemain yang jarang mendapatkan menit bermain untuk unjuk gigi.

Alasan Darije cukup masuk akal karena sejak resmi menukangi Pasukan Ramang, ia belum sempat melakoni laga uji coba untuk melihat secara utuh permainan anak asuhnya.

Alih-alih uji coba, PSM malah langsung dihadapkan dengan pertandingan internasional melawan Home United beberapa waktu lalu. Untuk itu, ia memanfaatkan momentum Piala Presiden 2019 sebagai ajang uji coba.

"Kami tidak punya waktu untuk melaksanakan uji coba. Saya juga tidak punya waktu untuk melihat semua pemain saya. Jadi Piala Presiden ini merupakan momentum yang bagus untuk saya melihat seluruh pemain PSM,"ujarnya.

PSM Makassar sendiri tergabung ke dalam Grup C Piala Presiden 2019. Mereka akan bersaing dengan Kalteng Putra, Persipura Jayapura, dan tuan rumah PSIS Semarang.

PSM Makassar memang bukan baru kali ini saja mengasingkan Piala Presiden dari target untuk juara. Dalam dua musim terakhir, Ferdinand Sinaga dkk memang selalu kandas di babak fase grup.

Bukan tanpa alasan, pelatih PSM sebelumnya Robert Rene Alberts bahkan pernah mengeluarkan komentar menggelitik tentang turnamen pramusim ini.

"Turnamen Piala Presiden ini adalah sebuah lelucon bagi saya, kita tidak pernah mainkan turnamen di waktu pramusim. dan ini sebenarnya seperti memperlambat atau menyetop persiapan kita untuk liga," ujar Robert beberapa tahun silam.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT