Liga Indonesia

Tak Disangka, 5 Pelatih Asing Top Liga 1 Fasih Banget Berbahasa Indonesia

Sabtu, 9 Maret 2019 08:09 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Miljan Radovic (tengah) ditemani pemainnya​ Beckham Putra Nugraha (kiri) seusai pertandingan menghadapi Persiwa. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Miljan Radovic (tengah) ditemani pemainnya​ Beckham Putra Nugraha (kiri) seusai pertandingan menghadapi Persiwa.

INDOSPORT. COM - Pelatih asing yang berkarier di Liga 1 biasanya akan menghadapi kendala perbedaan bahasa. Namun, ada beberapa pelatih asing top yang kini sudah tak perlu menghadapi masalah tersebut.

Ya, walaupun ada anggapan kalau sepak bola bisa dimainkan dengan bahasa universal, kelancaran komunikasi lisan juga menjadi penting. Khusus untuk pelatih asing di Liga 1, penguasaan bahasa Indonesia pun sekiranya perlu untuk dipenuhi.

Jika gagal untuk dipenuhi, jelas resikonya akan muncul kesalahpamahan komunikasi. Bisa diminimalisir memang dengan menyewa jasa translator, tapi bukankah lebih baik kalau memang bisa menguasai bahasa Indonesia itu sendiri.

Beberapa pelatih asing top Liga 1 berikut ini sekiranya bisa menjadi contoh nyata. Pasalnya, mereka kini diketahui sudah cukup fasih berbahasa Indonesia.

Salah satunya adalah Luciano Leandro yang sudah bisa bertutur bahasa Indonesia. Pelatih Persipura Jayapura asal Brasil ini memang sudah mengenal lama dengan sepak bola Indonesia. Apalagi Luciano Leandro pernah membawa Persija Jakarta menjadi jawara Liga Indonesia 2001 silam.

"Soal Bahasa Indonesia saya belum terlalu bagus, belajar dari sehari-hari dan yang baca dari internet soal sepak bola Indonesia," singkat Luciano Leandro saat berbincang dengan INDOSPORT.com, Jumat (08/03/19).

Selain Luciano Leandro ada beberapa pelatih Liga Indonesia yang bisa berbahasa Indonesia. Lalu, siapa sajakah para pelatih asing top Liga 1 yang kini sudah fasih berbahasa Indonesia tersebut? Mari kita simak ulasannya bersama.

851