Liga Indonesia

Kalahkan Persib, Arema Catatakan Rekor Jumlah Penonton Terbanyak Piala Presiden 2019

Rabu, 13 Maret 2019 20:25 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Antusiasme Aremania dukung Arema FC. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Antusiasme Aremania dukung Arema FC.

INDOSPORT.COM - Meski hanya merupakan turnamen pramusim, Piala Presiden 2019 ternyata mampu menarik antusiasme suporter sepak bola Indonesia. Hal itu terbukti dari ramainya stadion, bahkan ketika pertandingan berlangsung di hari kerja.

Dari seluruh pertandingan yang menarik antusisme luar biasa suporter tersebut, ada dua laga yang tercatat sebagai pertandingan dengan jumlah penonton terbanyak di stadion.

Menariknya, laga tersebut merupakan pertandingan antara dua tim yang tak terlalu mempunyai sejarah rivalitas tinggi, yaitu pertandingan antara Arema FC vs Persela Lamongan di Grup C, Sabtu (9/3/19).

Pertandingan di Stadion Kanjuruhan, Malang yang berakhir untuk kemenagan tipis Persela 1-0 itu menarik total 28.311 penonton yang hadir langsung ke stadion. 

Jumlah tersebut mampu mengalahkan antusisme penonton di laga pembuka Piala Presiden 2019 antara Persib Bandung kontra PS Tira Persikabo (2/3/19) yang disaksikan 26.541 orang langsung di stadion.

Bahkan, pertandingan dua tim besar Persib bandung vs Persebaya Surabaya hanya mampu berada di urutan kedua sejauh ini dengan total penonton 26.834 yang memadati stadion Si Jalak Harupat.

Menaggapi catatan tersebut, Bontor Tobing, salah satu anggota Steering Committee (SC) Piala Presiden 2019, mengaku sangat senang. Apalagi, semuanya tercipta di saat sepak bola Indonesia sedang menjadi sorotan negatif akibat masalah pengaturan skor.

“Ini jelas menjadi fakta yang menyenangkan. Ada kepercayaan yang tinggi dari publik di tengah isu soal sepak bola nasional belakangan ini. Fakta tersebut menjadi bukti sahih bahwa Piala Presiden 2019 telah menjadi hiburan yang merakyat dan ada transparansi secara keseluruhan. Jauh hari, Ketua SC bapak Maruarar Sirait menekankan pentingnya hal itu,” terang Bontor Tobing, seperti dilansir halaman resmi PSSI.

Selain ketiga pertandingan tersebut, berikut beberapa pertandingan lain Piala Presiden 2019 yang mampu mencatatkan jumlah penonton cukup banyak. Kalteng Putra vs PSIS Semarang (10/3/19) 6290 penonton. PSS Sleman vs Madura (4611 penonton), Arema FC vs Barito Putera (6879 penonton), dan Persija Jakarta vs BorneoFC (7380 penonton).

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 dan Piala Presiden 2019 Lainnya Hanya di INDOSPORT