Bola Internasional

Tak Diketahui Indra Sjafri, Ini Statistik Karier Ezra Walian di Luar Negeri

Kamis, 14 Maret 2019 20:10 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© foxsports
3 Alasan Timnas Indonesia U-23 tak perlu panggil Ezra Walian. Copyright: © foxsports
3 Alasan Timnas Indonesia U-23 tak perlu panggil Ezra Walian.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 saat ini kembali menjalani pemusatan latihan jelang ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Indra Sjafri memanggil para pemain yang berkarier di luar negeri, termasuk Ezra Walian.

Ezra Walian bersama Saddil Ramdani dan Egy Maulana Vikri dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan. Ezra Walian sendiri, sejauh ini selalu berkarier di luar negeri, yaitu di Belanda.

Sementara Saddil Ramdani baru saja gabung ke klub Liga Super Malaysia, Pahang FA dan Egy Maulana Vikri pada pertengahan 2018 lalu, resmi memperkuat klub Liga Polandia, Lechia Gdansk.

Tambahan tiga pemain di sektor serangan ini diyakini dapat menambah daya gedor Timnas Indonesia U-23, yang nanti lawan-lawannya akan lebih berat.

Meski berkarier di luar negeri, khususnya Ezra Walian yang main di Eropa, juga tidak akan mudah mencuri hati Indra Sjafri. Pasalnya, di posisi striker, Marinus Wanewar menjadi andalan saat Timnas Indonesia U-22 juara Piala AFF U-22 2019.

Apalagi jika Indra Sjafri mengetahui statistik permainan Ezra Walian selama meniti karier di sepak bola Eropa. Statistiknya tak kunjung membaik sejak awal karier pada tahun 2008 silam.

Statistik Karier Ezra Walian di Eropa

Ezra Walian disebut-sebut sebagai salah satu pemain berbakat yang dimiliki Indonesia dan sudah berkarier sejak junior di klub-klub Belanda. Dia awalnya menimba ilmu di akademik AZ Alkmaar sejak tahun 2008 silam hingga tahun 2012.

Pada tahun 2012, bakat Ezra Walian sebagai striker makin diakui saat dirinya direkrut Ajax Amsterdam U-17 saat dirinya berusia 15 tahun. Berselang hanya satu tahun, menurut situs Transfermarkt, Ezra promosi ke Ajax U-19.

© Tom Dulat/Getty Images
Seorang remaja keturunan Indonesia, Ezra Walian saat bermain untuk Ajax Amsterdam. Copyright: Tom Dulat/Getty ImagesSeorang remaja keturunan Indonesia, Ezra Walian saat bermain untuk Ajax Amsterdam.

Di sini jalan terjal makin dirasakan Ezra Walian. Dia butuh waktu tiga tahun, hingga pada musim panas 2016 barulah promosi ke Ajax U-21, belum tim senior.

Setahun sebelumnya, Ajax U-21 pun rela melepasnya ke Almere City pada Agustus 2017 lalu. Belum diketahui alasannya kenapa, namun Ezra langsung masuk skuat senior Almere City saat itu.

Tampil sebanyak 19 pertandingan bersama Almere City, hanya cetak empat gol membuat Ezra Walian kembali mengecewakan. Dirinya pun kembali dilepaskan ke RKC Waalwijk dengan status pinjaman.

RKC Waalwijk sendiri merupakan klub yang berlaga di kasta kedua sepak bola Belanda. Di klub ini, Ezra Walian juga tidak terlalu bersinar, dengan baru cetak satu gol dari 14 penampilannya bersama tim senior.

Statistik yang tidak terlalu gemilang ini nampaknya akan membuat Indra Sjafri berhati-hati saat memastikan Ezra masuk skuat Timnas Indonesia U-23. Apalagi dengan keberadaan sosok Marinus di lini depan saat ini.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas Indonesia U-23 Lainnya Hanya di INDOSPORT