Liga Indonesia

Cetak Rekor, Persija Jadi Klub Terbaik Indonesia di Kawasan Asia

Jumat, 15 Maret 2019 09:53 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persija Jakarta Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persija Jakarta

INDOSPORT.COM - Klub Persija Jakarta baru saja dinobatkan sebagai klub terbaik Indonesia di kawasan Asia. Hal ini berdasarkan pada perhitungan peringkat klub-klub asal Benua Asia yang dikeluarkan oleh AFC per 13 Maret 2019 lalu.

Dari tiga wakil Indonesia yang masuk dalam daftar ini, Tim Macan Kemayoran menjadi klub asal Indonesia dengan peringkat terbaik dalam daftar ini.

Dilansir dari laman resmi klub, juara Liga 1 2018 itu berada di rangking ke 83. Naik 30 peringkat dari November 2018. Ini merupakan sebuah rekor bagi klub Indonesia.

Persija memperbaiki peringkat wakil Indonesia yang sebelumnya tidak pernah menembus 100 besar dalam daftar ini.

Sekadar informasi, penilaian ranking ini dihitung dengan sistem poin berdasarkan performa klub di kompetisi antar klub Asia dalam empat tahun terakhir (berbobot 90 persen).

Tak hanya itu faktor ranking FIFA dari federasi yang menaungi klub tersebut juga menjadi aspek pendukung (berbobot 10 persen). 

Persija sendiri dalam dua tahun terakhir mewakili Indonesia di Piala AFC. Musim 2018 lalu, Tim Macan Kemayoran sukses lolos sebagai juara grup walau harus gagal di babak semifinal zona ASEAN. 

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

4.1K