Liga Indonesia

Menpora Harap Liga 1 Sampai Liga 3 2019 Terapkan Teknologi VAR

Sabtu, 16 Maret 2019 21:15 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Yohanes Ishak
© Arif Rahman/INDOSPORT
Menpora, Imam Nahrawai memantau teknologi VAR saat pembukaan  Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019 di Lapangan UPI, Kota Bandung, Jumat (16/03/2019). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Menpora, Imam Nahrawai memantau teknologi VAR saat pembukaan Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019 di Lapangan UPI, Kota Bandung, Jumat (16/03/2019).

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi berharap, PSSI dan operator kompetisi segera menerapkan teknologi Video Assistant Referee (VAR) pada setiap pertandingan Liga 1 hingga Liga 3 2019. 

Menurutnya, dengan digunakannya teknolgi VAR pada setiap pertandingan sepak bola di seluruh level kompetisi, diharapkan bisa meminimalisir keputusan kontroversial dari wasit. 

Pasalnya, selama ini masalah yang terjadi di kompetisi Liga 1 hingga 3 tak sedikit berasal dari lapangan. Salah satunya, karena ketidakpuasan beberapa pihak dengan keputusan wasit. 

"Timbulnya keresahan, keributan baik antar klub, suporter dan masyarakat. Padahal substansi dari olah raga sendiri adalah sportivitas, respect, fair play.  Jadi ini (VAR) bukan barang asing, bisa diterapkan," kata Imam saat membuka Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019 di Lapangan UPI, Kota Bandung, Jumat (16/03/2019). 

Imam menuturkan, PSSI dan operator Liga jangan kalah dengan Liga amatir Bandung Premier League (BPL), yang sudah menerapkan teknologi VAR pada setiap pertandingannya. 

Pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sudah mulai meniru dan menerapkannya pada Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019. 

"Dan buktinya Bandung Premier League ini bisa, dilanjutkan ke Piala Menpora dengan memakai VAR," jelasnya. 

Saat ini, tinggal kemauan dari PSSI bersama operator kompetisi, untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, salah satunya dengan menerapkan teknologi VAR. 

"Tinggal PSSI memerintahkan pada operator liga 1,2,3 bisa memakai teknologi ini. Saya kira gak ada salahnya dan akan membawa suasana gembira baru, bagi seluruh klub, pemain, supporter dan tentu wasit sendiri," pungkasnya. 

Ikuti terus Berita Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga lainnya di INDOSPORT.COM