Bola Internasional

Demi Piala Eropa 2020, Timnas Jerman Siap Contek Gaya Latihan Inggris

Selasa, 19 Maret 2019 11:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Getty Images
Para pemain Timnas Jerman tertunduk usai takluk 3-0 dari Belanda. Copyright: © Getty Images
Para pemain Timnas Jerman tertunduk usai takluk 3-0 dari Belanda.

INDOSPORT.COM - Tim nasional Jerman tengah mencoba meniru sistem latihan Inggris pasca-kegagalan mereka di Piala Dunia 2018 dan UEFA Nations League.

Dilansir dari Sport Mirror, Federasi Sepak Bola Jerman dilaporkan menggelar kunjungan ke kamp latihan timnas Inggris di St. George Park untuk menimba wawasan terkait pembangunan pusat pelatihan baru.

Bukan hanya mengambil pelajaran, Jerman juga meminta petuah terkait dengan pembinaan, pengembangan pemain dan pelatih, serta operasi media Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA).

Rencana ini dikonfirmasi oleh mantan direktur teknis FA, Dan Ashworth. Dia mengatakan bahwa Jerman berusaha memanfaatkan keunggulan Inggris di bidang pelatihan.

“Kita sepakat bahwa Jerman telah memasuki puncak permainan selama beberapa tahun terakhir dan kami banyak belajar dari mereka. Saya cukup senang mereka bisa mengambil sedikit ilmu dari kami,” kata Ashworth.

“Mereka sedang membangun pusat pelatihan nasional sendiri. Mereka ingin datang dan melihat apa kami miliki, apa yang kami peroleh. Semua ini bisa menjadi sarana berbagi ide soal pengembangan pemain, pendidikan, dan pelatihan,” ucapnya lagi.

Kunjungan ini merupakan bentuk permintaan balas budi oleh Jerman. Selama bertahun-tahun, Inggris selalu tersingkir dari turnamen dan kemudian berguru pada Jerman yang notabene pemenang Piala Dunia 2014.

Upaya tersebut terbukti berhasil. Southgate berhasil membawa Three Lions melaju ke semifinal Piala Dunia 2018, pencapaian terbaik selama 28 tahun terakhir sejak 1990 silam.

Jerman sendiri tengah berupaya keras untuk bisa lolos dari Kualifikasi Piala Euro 2020. Pasukan Joachim Low tergabung di Grup C bersama Belanda, Irlandia Utara, Estonia, dan Belarusia.  

Pertemuan kedua tim pada Minggu (25/3/19) nanti bakal lebih sengit mengingat Jerman dan Belanda juga berada segrup di UEFA League Nations lalu.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT