Liga Indonesia

Plt Ketum PSSI Jadi Milik Gusti Randa, Coach Justin Beri Komentar Pedas

Selasa, 19 Maret 2019 20:10 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Justinus Lhaksana. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Justinus Lhaksana.

INDOSPORT.COM - Nama Gusti Randa belakangan ini kian ramai diperbincangkan para pencinta sepak bola Indonesia. Hal tersebut tak lepas dari statusnya yang kini merangkap sebagai Plt Ketum PSSI, menggantikan Joko Driyono pasca berstatus sebagai tersangka oleh Satgas Antimafia Bola.

Terpilihnya Gusti Randa pun membuat pro dan kontra di berbagai kalangan, termasuk salah satu pengamat sepak bola Justinus Lhaksana.

Pria yang akrab disapa Coach Justin itu pun memberikan sebuah komentar mengejutkan perihal terpilihnya Gusti Randa.

Coach Justin menilai, terpilihnya Gusti Randa sebagai Plt Ketum PSSI tak lepas dari tidak banyaknya pilihan yang dimiliki oleh PSSI saat ini. Maka tak heran bila dirinya merasa hal tersebut adalah sebuah kewajaran.

“Sekarang sih kayaknya (PSSI) tidak banyak pilihan dan saya tidak masalah karena jangka kerjanya pendek sampe KLB. Jadi biasa saja,” ucapnya ketika dihubungi oleh INDOSPORT.

Mantan pelatih Timnas Futsal Indonesia itu juga menilai bahwa terpilihnya Gusti Randa sebagai Plt Ketum PSSI karena dianggap netral, bila dibandingkan dengan wakilnya yakni Iwan Budianto.

“(Ratu) Tisha kan jadi sekjen, Iwan (Budianto) kan punya klub, sedangkan Gusti (Randa) netral dan bisa komunikasi. Tapi sebenernya tidak begitu penting juga siapa yang jadi Plt karena ini job cuma 2-4 bulan saja,” tuturnya menjabarkan.

Sebelumnya disebutkan oleh Akmal Marhali, selaku pengamat sepak bola nasional bahwa secara struktural, Iwan Budianto adalah sosok yang dinilai pantas menjadi Plt Ketum PSSI.

“Ada struktur organisasi yang telah dilanggar PSSI. Seharusnya, setelah Edy (Rahmayadi), ke Joko Driyono, dan ke Iwan (Budianto), bukan ke Gusti (Randa),” ucap Akmal.

Namun, Akmal juga menjelaskan bila pemilihan Gusti Randa dapat saja terjadi, bila Iwan memang sedari awal enggan menjadi Plt Ketum PSSI, dan semua Exco PSSI setuju akan pemilihan Gusti Randa.

“Kecuali bila Iwan mengundurkan diri, berhalangan tetap atau permanen, anggota exco baru bisa memutuskan untuk memilih salah satu dari mereka. Dan, keputusan yang diambil harus tanda tangan semua exco,” tambahnya.

Sekadar informasi, sebelum menguasai PSSI, Gusti Randa bukanlah sosok yang asing di telinga masyarakat Indonesia. Dirinya kerap malang melintang di dunia hiburan Tanah Air, sebagai aktor di awal 1990-an.

Selain dari dunia akting, dirinya juga sudah sekitar satu dekade lamanya berkecimpung dalam dunia sepak bola.

Diawali dengan kiprahnya sebagai salah satu pendiri klub Selebriti FC saat masih aktif sebagai pemain sinetron, Gusti Randa juga pernah menjadi pengurus Persatuan Olahraga Futsal Indonesia (POFI) pada tahun 2009.

Di lingkup PSSI sendiri, Gusti memulai kariernya dengan masuk sebagai Ketua Komisi Disipin Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia/KPSI (2010). Hingga membuatnya dipilih sebagai salah satu anggota tim verifikasi calon Ketua Umum PSSI pada tahun 2011.

Dari situ karier Gusti makin melesat mulus. Berturut-turut mulai dari menjadi Ketua Asprov PSSI DKI Jakarta, Komite Eksekutif PSSI Bidang Hukum, hingga kini menjadi Plt Ketua Umum PSSI berhasil diamanatkan kepadanya.

Terus Ikuti Berita Gusti Randa dan Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

88